Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Katingan Pertanyakan Pelantikan SOHIB

  • Oleh Abdul Gofur
  • 01 Mei 2016 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah warga Kabupaten Katingan mempertanyakan terkait kapan gubernur dan wakil gubernur Kalteng terpilih hasil Pilkada 27 Januari 2016 lalu, yakni pasangan Sugianto Sabran dan Habib Said Ismail itu dilantik. Hingga tiga bulan lebih setelah pilkada, pasangan SOHIB ini tak kunjung dilantik. 

"Kita sebagai masyarakat menunggu-nunggu kapan gubernur dan wakil gubernur Kalteng, yang menang pada Pilgub Kalteng Januari 2016  itu akan dilantik oleh Presiden Kok sampai tiga bulan lebih setelah pemilihan belum ada kejelasan kapan dilantik," ujar Sufiansyah, warga Kasongan Kabupaten Katingan, Minggu (1/5/2016) .

Menurut Sufian, akibat lambatnya proses pelantikan ini, otomatis mempengaruhi terhadap roda pemerintahan di Provinsi Kalteng.

"Sebab seorang penjabat gubernur tidak bisa mengambil kebijakan-kebijakan penting, akibatnya secara tidak langsung akan berimbas kepada perekonomian masyarakat, karena visi misi gubernur terpilih belum bisa diterapkan," sebutnya.

Sufiansyah mengatakan, ia dan warga Katingan lain ingin segera melihat gebrakan gubernur dan gubernur Kalteng terpilih itu, terutama sesuai visi misinya saat kampanye lalu.

Menurut dia sebenarnya harapan masyarakat tidak muluk-muluk terhadap gubernur dan wakil gubernur terpilih saat mereka resmi memimpin Kalteng.

"Yaitu bagaimana mereka bisa mensejahterakan warga. Misalnya ketersediaan lapangan pekerjaan, dan tentu bisa memperjuangkan menaikkan harga rotan dan karet yang selama ini menjadi andalan warga Kalteng, termasuk Kabupaten Katingan," harapnya. 

Terpisah, Setyabudi seorang tokoh warga Katingan yang juga mantan tim relawan SOHIB mengaku jika berdasarkan informasi yang diperoleh bahwa pasangan SOHIB ini bakal dilantik pada Juni 2016 ini.

"Menurut informasi yang kita dapatkan Presiden minta kepada Mendagri pelantikan SOHIB ini bersamaan dengan beberapa daerah lain yang pilkadanya juga tertunda yaitu bulan Juni 2016 nanti," katanya kemarin.

Sementara mantan Ketua Tim Sukses SOHIB Katingan Cornelis mengaku jika pihaknya juga belum mengetahui secara pasti kapan gubernur dan wakil gubernur Kalteng terpilih itu segera dilantik.

"Informasinya masih menunggu jadwal Presiden, sebab jadawal Peesiden itu kan padat sekali," katanya. (ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru