Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angka Stunting di Desa Gohong Menurun

  • Oleh M Pradila Kandi
  • 02 Januari 2024 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Desa Gohong, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Epansyah Rulhadi mengatakan bahwa resiko stunting di wilayahnya mengalami penurunan.

"Walaupun tidak banyak, sebelumnya dari delapan kasus dan saat berkurang dua. Sehingga, saat ini masih tersisa enam kasus," ucap Epansyah, Selasa, 2 Januari 2024.

Dalam penanganan kasus stunting, pihaknya akan memberikan pelayanan pencegahan salah satunya dengan cara terus mengaktifkan posyandu di desa.

"Kami akan melatih kader Posyandu Mawar terkait dengan penanganan gizi  bayi dan balita yang nantinya bekerjasama dengan Puskesmas Bereng," katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya saat ini telah membangun sanitasi untuk balita dan saat ini sudah ada tiga sanitasi yang layak bagi mereka yang terkena kasus Stunting.

"Terkait dengan upaya pencegahan stunting sudah kami lakukan meliputi penanganan untuk ibu hamil dengan memberikan asupan gizi seimbang seperti memberikan susu khusus ibu hamil, buah-buahan, vitamin dan selalu memberikan edukasi ke mereka agar tidak terjadi Stunting," jelasnya.

Terkait dengan potensi yang ada di Desa Gohong, ia berharap mendapat perhatian. Sebab, Desa Gohong banyak memiliki potensi yang harus didukung. Seperti budi daya ikan, budi daya madu kelulut, budi daya jamur tiram, pengolahan atau penyulingan minyak Atsiri,  wisata susur sungai dan kerajinan anyaman rotan.

"Kami berharap kepada Pemkab Pulang Pisau dapat terus memberikan dukungan untuk terus mengembangkan potensi yang ada di desa kami," tutupnya. (M PRADILA KANDI/Y)

Berita Terbaru