Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Kalteng: Jangan Hanya Andalkan Komoditas Tertentu Saja Dalam Kegiatan Ekspor

  • Oleh Donny Damara
  • 06 Januari 2024 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng Achmad Rasyid mengutarakan harapannya agar pemda di provinsi ini tidak hanya mengandalkan beberapa komoditas tertentu saja dalam kegiatan ekspor.

Ketua Komisi II ini menyoroti resiko tinggi terkait dengan ketergantungan pada ekspor komoditas seperti batu bara, crude palm oil (CPO), dan minyak sawit mentah yang sangat rentan terhadap fluktuasi harga tidak menentu.

"Mengandalkan beberapa komoditas saja memiliki risiko yang tinggi, maka dari itu kita perlu menggali potensi unggulan lain untuk meningkatkan perekonomian melalui kegiatan ekspor," katanya, Sabtu, 6 Januari 2024.

Ia menuturkan, Kalteng memiliki potensi besar di berbagai sektor yang dapat dijadikan andalan untuk meningkatkan perekonomian melalui kegiatan ekspor. Beberapa sektor yang diidentifikasinya melibatkan pertanian, perikanan, dan perkebunan.

"Beberapa sektor ini memiliki pengaruh besar terhadap peningkatan perekonomian daerah apabila dikembangkan atau dikelola dengan baik, seperti perkebunan yang saya rasa sangat menjanjikan," tuturnya.

Ia memberikan contoh positif dari Provinsi Jambi yang telah berhasil menjadikan hasil perkebunan dan pertanian sebagai sektor unggulan ekspor. Produk seperti pinang, kayu manis, dan kopi menjadi daya tarik ekspor dari daerah tersebut.

"Kalteng tentu memiliki potensi yang sangat besar untuk mengimplementasikan pengembangan sektor ini, terutama dengan dukungan lahan yang sangat luas. Tinggal hanya pengelolaan maksimal dilakukan," ujarnya.

Selain itu, ia juga mencatat upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalteng, seperti program udang vaname, pengembangan kakao, kopi, integrasi sapi sawit, dan lain-lain.

"Diperlukan langkah-langkah lebih lanjut dan dukungan yang optimal agar potensi ekspor Kalteng dapat terealisasi dengan baik," imbuhnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru