Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabalai: Duta Bahasa Wajib Kuasai Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Februari 2024 - 11:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, Muhammad Muis mengatakan bahwa para Duta Bahasa wajib menguasai Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar.

Pernyataan ini menurutnya mungkin dianggap klise karena seringnya disebut-sebut. Tetapi ini menjadi keahlian yang harus dimiliki anak muda jika ingin mendaftar dalam pemilihan Duta Bahasa.

"Bukan sekadar bahasa Indonesia tetapi bagaimana berbahasa Indonesia yang baik, yang santun, yang tidak menyinggung, itu baru saat berbicara," kata Muis pada Senin, 5 Februari 2024.

Begitu juga saat menulis dalam Bahasa Indonesia, lanjutnya, yang diminta adalah yang baik sesuai PEUBI dengan tata bahasa yang benar.

"Jadi tidak mudah ya. Ini memang kira harapkan karena Bahasa Indonesia memang wajib," kata Muis lagi.

Dirinya mengharapkan dengan tindakan ini anak-anak muda akan menyadari pentingnya Bahasa Indonesia dan dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

"Jadi kalau misalnya ada pengumuman, harus yang pertama ditulis dalam bahasa Indonesia, lalu bahasa daerah, barulah bahasa asing. Jangan keliru, jangan terbalik," tegasnya.

Memang kemarin telah diselenggarakan Peluncuran pembukaan pendaftaran Duta Bahasa Kalteng.

"Pendaftaran Pemilihan Duta Bahasa Kalimantan Tengah tahun ini dibuka hingga tanggal 30 April 2024," kata Muis.

Duta Bahasa itu, lanjut Muis, diharapkan dapat memberikan aksi nyata dan kontribusi dalam bidang bahasa dan sastra.

"Duta Bahasa aktif, kreatif, dan inovatif dengan bahasa dan sastra sehingga menjadi kebanggaan Kalimantan Tengah," katanya.

Dengan rentang waktu yang cukup panjang ini, lanjutnya, para calon peserta memiliki waktu yang cukup luang untuk mempersiapkan diri dan berbagai persyaratan pendaftaran.

"Sebagai acuan, para calon peserta dapat mempelajari panduan yang dapat diunduh melalui tautan bit.ly/panduandubas24. Segera persiapkan diri dan jadilah bagian dari Duta Bahasa Kalimantan Tengah tahun 2024," ajaknya.(TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru