Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada Nomor Palsu Mengatasnamakan Pejabat dan Perbankan

  • Oleh Pathur Rahman
  • 09 Februari 2024 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi A DPRD Palangka Raya Subandi mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap nomor palsu yang mengatasnamakan pejabat maupun perbankan, apalagi dengan embel-embel pinjaman uang.

Ia mengatakan, hal ini merupakan modus penipuan yang dapat merugikan masyarakat.

“Jangan mudah percaya dengan nomor yang tidak dikenal yang mengaku sebagai pejabat atau pihak perbankan. Apalagi jika menawarkan pinjaman uang dengan bunga rendah atau tanpa jaminan. Ini pasti penipuan yang bertujuan untuk menguras uang atau data pribadi Anda,” ujar Subandi, Jumat, 9 Februari 2024.

Subandi menambahkan, jika menerima panggilan atau pesan dari nomor yang mencurigakan, sebaiknya segera memblokir atau melaporkan nomor tersebut ke pihak berwenang.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak sembarangan memberikan informasi pribadi, seperti nomor rekening, PIN, atau kode OTP kepada orang lain.

“Jika Anda merasa dirugikan atau menjadi korban penipuan, segera laporkan ke polisi dengan membawa bukti-bukti yang ada. Jangan biarkan penipu bebas beraksi dan meresahkan masyarakat,” tegas Subandi.

Subandi juga mengapresiasi upaya BI dalam mengedukasi masyarakat tentang penggunaan uang digital dan cashless yang aman dan nyaman.

"Saya berharap, masyarakat dapat melek dan menguasai cara bertransaksi dengan uang digital dan cashless, serta menghindari penipuan yang mengatasnamakan pejabat atau perbankan," pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru