Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Batu Bara, Minyak Kelapa Sawit dan Bijih Zirconium Jadi Ekspor Utama Kalteng Menurut Golongan Barang

  • Oleh Testi Priscilla
  • 12 Februari 2024 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Komoditas utama ekspor Kalimantan Tengah selama Desember 2023 adalah batu bara pada kelompok bahan bakar mineral, minyak kelapa sawit pada kelompok lemak dan minyak hewani atau nabati, dan bijih zirconium pada kelompok bijih, kerak dan abu logam.

"Dibanding bulan sebelumnya, terjadi peningkatan dan penurunan nilai ekspor pada sejumlah kelompok komoditas," kata Kepala Badan Pusat Statistik atau BPS Provinsi Kalteng, Eko Marsoro pada Senin, 12 Februari 2024.

Peningkatan terbesar, lanjutnya, terjadi pada kelompok bahan bahan bakar mineral senilai US$ 172,24 juta atau naik 64,03 persen.

"Sedangkan penurunan terbesar terjadi pada kelompok lainnya senilai US$14,98 juta atau turun 95,23 persen," jelasnya.

Jika dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya atau year on year, lanjut Eko, sejumlah golongan barang mengalami peningkatan nilai ekspor pada Desember 2023, kecuali pada kelompok karet dan barang dari karet, kelompok bijih, kerak dan abu logam, serta kelompok lainnya.

"Peningkatan terbesar terjadi pada kelompok bahan bakar mineral senilai US$63,02 juta atau naik 16,66 persen," jelasnya.

Sementara itu, kelompok bijih, kerak dan abu logam menurut Eko mengalami penurunan terbesar, senilai US$5,74 juta atau naik 23,88 persen. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru