Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PMI Kotim Gencarkan Donor Massal untuk Penuhi Stok Darah Selama Ramadan

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 10 Maret 2024 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - PMI Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) gencarkan donor darah massal untuk penuhi stok darah selama bulan suci Ramadan. 

"Kemarin kita lakukan donor massal di Citimall selama 2 hari mendapatkan 46 kantong, kemudian donor massal juga kami laksanakan di perusahaan dan Majelis Tafsir Al Quran," kata Humas Unit Donor Darah (UDD) PMI Kotim Seniwantoko, Minggu, 10 Maret 2024.

Hal ini pihaknya lakukan karena saat bulan Ramadan seringkali stok darah kurang. Karena turunnya minat masyarakat untuk melakukan donor darah saat menjalankan ibadah puasa. Sementara kebutuhan darah untuk pasien di rumah sakit tetap berjalan.

Seniwantoko mengatakan, dalam sebulan idealnya persediaan darah 800-900 kantong. Sehingga selain menggencarkan donor massal sebelum Ramadan, pihaknya akan tetap membuka layanan donor darah saat bulan puasa. 

"Kami tetap buka dimaksimalkan buka malam hingga pukul 22:00 WIB. Biasanya pendonor datang setelah salat tarawih. Kalau pagi dan siang menurun dratis pendonornya," ujarnya.

Sebagai informasi, ketersediaan darah di UTD PMI Kotim pada Sabut, 9 Maret 2024 pukul 07.43 WIB tercatat golongan A sebanyak 86 kantong, golongan B sebanyak 46 kantong, golongan O sebanyak 107 Kantong, dan golongan AB sebanyak 7 Kantong. Pesediaan darah tersebut diperkirakan mampu memenuhi kebutuhan hingga satu pekan ke depan.

Sementara itu, Wakil Bupati Kotim Irawati yang juga telah rutin mendonorkan darahnya ikut ambil bagian pada donor massal PMI. Ia mengajak masyarakat berbondong-bondong donor darah dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.

"Dengan berdonor kita mendapat sehat dan pahala berlipat. Karena setetes darah kita sangat dibutuhkan untuk menolong saudara-saudara kita yang membutuhkan. Setetes darah kita sejuta harapan bagi mereka," kata Irawati. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru