Wonderful Indonesia
 
Selasa, 06 Desember 2016
 

 
Wonderful Indonesia

Lagi, Aceh Gelar Festival Sabang Fair 2016

 
 
Festival Sabang Fair. ISTIMEWA

Festival Sabang Fair. ISTIMEWA

BorneoNews

BORNEONEWS, Banda Aceh – Kota Aceh kembali punya gawean besar. Setelah sukses menggelar perhelatan Culinary Festival dan Banda Aceh Coffe Festival 2016, Kota Serambi Mekkah itu akan kembali menarik wisatawan dengan perhelatan Festival Sabang Fair (FSF) 2016. Kegiatan ini akan dilaksanakan, 22-27 Mei 2016.

”Event ini akan digulirkan di Gampong Kuta Timu, Kecamatan Sukakarya, Sabang, Aceh,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Aceh, Reza Pahlevi.

Perhelatan tersebut dipastikan akan bertambah spesial dengan kehadiran sejumlah negara tetangga. Hampir semua negara ASEAN dipastikan ikut berpartisipasi.

”Semua sudah confirm mengirimkan perwakilannya. Ini karena lokasi Sabang berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga. Oleh karena itu, pelaksanaan Sabang Fair 2016 akan terasa istimewa dengan kehadiran perwakilan dari negara tetangga ASEAN,” ujar Reza.

Bukan itu saja, Reza juga memastikan mengundang provinsi tetangga seperti Sumatera Utara dan Sumatera Barat yang akan menampilkan kesenian dan budaya masing-masing.

”Event ini digelar sebelum bulan puasa dan dipastikan akan meriah, karena ini adalah pentas seni kebudayaan yang kami adakan menjadi bagian agenda mempersiapkan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) yang akan diselenggarakan tahun 2017 nanti,” ujar Reza.

Sekadar informasi, kota Sabang terletak di Pulau Weh di ujung barat Indonesia. Sabang terkenal memiliki keindahan alam yang memukau serta atraksi budaya menarik. Reza juga menambahkan, dalam acara nanti juga akan digelar perlombaan yang nantinya memantik wisatawan untuk menikmati keindahan tarian Indonesia.

”Akan ada beberapa lomba, yang justru bisa menambah meriah kegiatan ini,”katanya. Lomba-lomba tersebut adalah, adalah: Lomba Tari Kreasi Baru Aceh Garapan, Lomba Musik Etnik Kolaborasi Aceh Modern, Lomba Cagok/Lawak Aceh, Lomba Pawai Budaya, Lomba Anjungan Pameran Kreatif Daerah dan Pertunjukan Seni atau Penampilan Sanggar Seni Se-Aceh.

FSF merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang, Aceh. Acara ini telah sukses terselenggara sejak tahun 2014 yang dimeriahkan dengan berbagai lomba dan penampilan eksebisi seni dari berbagai daerah di Aceh.

Tahun 2016 ini, Festival Sabang Fair ke-III akan kembali digelar mengusung tema “Menggenggam Senangat Tradisi” ini diikuti dan dimeriahkan oleh 23 Kabupaten/Kota se-Aceh serta Provinsi Sumatra Utara, Sumatra Barat dan Negara-negara ASEAN.

”Segala informasi mengenai penyelenggaraan Festival Sabang Fair 2016 termuat dalam situs official yang terdiri dari informasi Petunjuk Teknis, Pengumuman, serta informasi jadwal masing-masing agenda acara yang akan dilaksanakan pada FSF 2016,” bebernya.

Apa kata Menteri Pariwisata Arief Yahya?

“Bagus! Teruskan, tingkatkan kreativitasnya, perluas jaringannya, gunakan teknologi, dan pastikan dipromosikan dengan baik. Melalui POSE, paid media, own media, social media dan endorser, agar gebyar kegiatan ini teramplifier ke seluruh penjuru dunia. Ingat, sebuah event itu sukses jika promosinya bagus, diketahui lebih banyak orang, diapresiasi lebih banyak orang,” jelas Menpar Arief Yahya.

Aceh punya potensi besar, sumber daya bagus, budaya kuat dan alam yang indah. Itu sudah lengkap untuk sebuah potensi pariwisata. Tinggal pastikan 3A-nya, atraksi, akses dan amenitasnya.

“Pengembangan destinasi selalu menggunakan pola itu, 3A,” ingatnya. (m)

 

BERITA POPULER

Pencurian

Kecelakaan Maut

Kecelakaan Lalu Lintas

Penganiayaan

Kecelakaan Maut

Pencurian

Pencurian Kendaraan Bermotor

Kecelakaan Maut

 
INDEKS HJ. NURHIDAYAH

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA

PRAKIRAAN CUACA

Sumber : BMKG

To Top