Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Upaya Mediasi terkait Tanggul Menuju Sungai Kakap Belum Membuahkan Hasil

  • Oleh Wahyu Krida
  • 06 April 2024 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Upaya mediasi di Mapolsek Kumai yang mempertemukan warga pemilik lahan terdampak banjir dengan B pada Sabtu, 6 April 2024, masih belum membuahkan hasil. 

Pasalnya, hanya pihak warga saja yang hadir, sedangkan B yang juga mendapatkan  panggilan serupa, belum datang. Berdasarkan pantauan di lokasi, tidak seorangpun dari pihak B yang hadir di Mapolsek Kumai.

Lahan warga tersebut terdampak banjir akibat adanya tanggul yang diduga dibuat secara sepihak oleh B di terusan/parit yang menuju Sungai Kakap Jalan ASDP Tempenek, Desa Sungai Tendang, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Kepala Desa Sungai Tendang Rudiansyah usai kegiatan menyampaikan, saat ini, ia masih mengusahakan agar pertemuan berikutnya antara pihak B dan perwakilan warga bisa dilaksanakan.

"Untuk itulah saat ini saya masih berkoordinasi dengan warga dan pihak B untuk membicarakan kapan pertemuan bisa dilaksanakan secepatnya. Harapannya  bisa dilakukan setelah Idul Fitri tahun ini, mencegah permasalahan akan semakin berlarut-larut," jelas Kades.

Kades melanjutkan, apabila kedua belah pihak yang terlibat masalah ini bisa duduk bersama untuk membicarakan permasalahan dan solusi baik, maka masalah ini bisa selesai tanpa menimbulkan konflik apapun.

"Paling tidak dengan duduk bersama dan membahas masalah ini, pihak B bisa menyampaikan alasannya membangun tanggul dan warga bisa menyampaikan keberatannya terhadap keberadaan tanggul yang menyebabkan lahan mereka kebanjiran. Kemudian bisa dibicarakan bagaimana agar kondisi banjir tersebut tidak lagi terjadi di lahan milik warga," jelas Kades. (WAHYU KRIDA/Y)

Berita Terbaru