Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

2 Hari Berkeliaran di Kawasan Bandara H Asan Sampit, BKSDA Sampit Pastikan Orangutan Menyeberang ke Hutan

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 24 April 2024 - 08:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Sampit memastikan orangutan telah menyeberang ke hutan asal setelah 2 hari berkeliaran di kawasan Bandara H Asan Sampit. 

"Kamis, 18 April setelah mendapat laporan dari staf BMKG kami langsung ke lokasi namun saat itu tidak menemukan orang utan. Lalu  hari Jumat siang, 19 April 2024 kami menemukan satu individu orangutan berjenis kelamin jantan di pohon (di depan BMKG lama)," kata Komandan BKSDA Resort Sampit Muriansyah, Selasa, 23 April 2024.

Jumat siang itu orangutan terpantau bergelantungan di pohon dan kabel di depan Kantor BMKG Stasiun Meteorologi H Asan Kotawaringin Timur yang lama.

Saat itu rencananya akan dilakukan Rescue oleh Wildfree Rescue Unit (WRU) BKSDA SKW II Pangkalan Bun. Namun Sore harinya orang utan menyeberang ke hutan asal.

"Yang kami ketahui, hutan asal orangutan itu banyak kebun karet milik warga dan kelapa sawit serta hutan yang ada pemiliknya namun belum dibuka," ujarnya. 

Orang utan diduga masuk ke kawasan Bandara H Asan Sampit untuk mencari makan. Karena di sekitar Bandara ada 3 hektar kebun yang di ujungnya sekitar 1 hektar merupakan buah buah milik warga. Dari observasi, pihaknya menemukan tanda-tanda orang utan pernah berada di kebun tersebut.

"Kemunculan orangutan di kawasan Bandara H Asan Sampit merupakan pertama kali. Setelah kami pantau hingga hari ini orangutan tidak muncul lagi sejak Sabtu hingga Selasa," imbuhnya. 

Pihaknya memiliki Pos bersama pihak bandara dan akan selalu melakukan kegiatan pengawasan terhadap keberadaan orang tersebut. Jika terpantau di kembali pihaknya akan melakukan tindakan Rescue. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru