Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peringati Hari Bumi, Kelompok Pekebun Swadaya Binaan PT SSMS Tbk Tanam Pohon Buah Lokal

  • Oleh Testi Priscilla
  • 24 April 2024 - 17:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Memperingati hari bumi pada 22 April 2024, tim ICS RSPO Badan Usaha Milik Desa Berkah Mulya Jaya atau BUMDes BMJ yang merupakan pekebun swadaya binaan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk atau PT SSMS Tbk melakukan penanaman pohon buah lokal.

Penanaman ini dilaksanakan di wilayah sempadan sungai yang berlokasi di Sungai Saharan, Desa Mekar Mulya, Kecamatan Sematu Jaya, Kabupaten Lamandau, seperti dalam rilis kepada Borneonews pada Rabu, 24 April 2024.

"Kegiatan ini merupakan aksi nyata dalam pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan utamanya di wilayah sempadan sungai," kata Direktur BUMDes BMJ, Choirul Fuadi.

Dalam kegiatan penanaman tersebut turut hadir Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Lamandau atau Distanakan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau DLHK Lamandau, Camat Sematu Jaya, Bhabinas/Danramil, Bhabinkantibmas, Pendamping Desa, Kepala Desa Mekar Mulya, BPD Mekar Mulya, TIM ICS, Pendamping dari PT Sawit Sumbermas Sarana, Pekebun, dan para siswa anggota pramuka dari SMPN 4 Satap Sematu Jaya, SMKN 1 Sematu Jaya, dan SMAN 1 Sematu Jaya.

"Memperingati hari bumi, kami mengajak unsur SOPD daerah dan siswa-siswi sekolah untuk bersama-sama melakukan aksi tanam pohon buah lokal di wilayah sempadan sungai di wilayah sungai saharaan yang berlokasi di desa mekar mulya," jelasnya.

Ia menjelaskan, unit usaha sertifikasi RSPO BUMDes BMJ memiliki cakupan area konservasi wilayah sempadan sungai sebanyak 16.92 hektar, dengan rincian sebesar 10.29 hektar tahun 2022, dan bertambah 6.63 hektar ditahun 2023/2024.

"Ada 30 pokok buah lokal yang ditanam dikawasan sempadan sungai, seperti Matoa, Satar, Mentawa, Kusi, Pampaan, Kapul, Kalang Kala, Kapayang, Rambai, Limat, Idur, dan Petai. Bibit buah lokal merupakan hibah 1.000 bibit dari Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Lamandau," lanjut Choirul lagi. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru