Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penerapan Sistem Merit untuk Memberikan Penghargaan Bagi ASN Profesional dan Berintegritas

  • Oleh Ramadani
  • 29 April 2024 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat melaksanakan kegiatan sosialisasi Sistem Merit melalui Assessment bagi pejabat pengawas di lingkup Pemkab Barito Utara, Senin 29 April 2024 di aula Dinas Pendidikan.

Menurut Pj Bupati Barito Utara, Muhlis l, kegiatan sosialisasi pada hari ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti amanat UU nomor 20 tahun 2023 tentang  Aparatur Sipil Negara, dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 40 tahun  2018 tentang pedoman sistem merit dalam manajemen ASN.

Dikatakan Pj Bupati, dalam peraturan tersebut yang mengamanatkan bahwa prinsip sistem merit didasarkan pada kualifikasi, kompetensi,  dan  kinerja  secara  adil  dan  wajar  dengan tanpa membedakan latar belakang ras, warna kulit, agama, asal-usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur, atau kondisi kecacatan.

Penerapan Sistem Merit dalam manajemen ASN ini bertujuan untuk merekrut, mengembangkan, melindungi, mengelola, dan memberikan penghargaan bagi ASN yang profesional dan berintegritas. 

“Ada beberapa hal yang harus kita laksanakan dalam rangka mengakselerasi dan optimalisasi penerapan sistem merit di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Utara diperlukan langkah-langkah dan selalu mengembangkan dan memperkuat implementasi manajemen talenta SDM aparatur,” kata Muhlis.

Hal ini, kata Pj Bupati, untuk mempersiapkan kader penerus dengan talenta terbaik, yang pada gilirannya akan mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik. Selain itu meningkatkan agility atau kelincahan dan kemampuan adaptif SDM dan organisasi, dalam menghadapi tantangan dan dinamika perubahan di tingkat nasional maupun global.

“Peran aktif pimpinan organisasi perangkat daerah dalam mendukung meritokrasi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Utara. Disisi lain perlu juga adanya transformasi ASN yang diimbangi dengan penguatan integritas, moral, ketaqwaan, dan nilai-nilai luhur ASN “Berakhlak”, (berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif),” ucap Pj Bupati Muhlis. 

Pj Bupati juga berharap kepada semua peserta sosialisasi selalu menjunjung tinggi nilai-nilai luhur tersebut. Nilai-nilai dasar ASN ini adalah profil ASN yang didambakan sejak dulu. Harapan kita bersama bahwa perbaikan kualitas ASN akan mendorong perbaikan kualitas birokrasi yang sangat kita butuhkan untuk menjawab berbagai tantangan yang semakin berat dan kompleks ke depannya.(RAMADHANI/R)


TAGS:

Berita Terbaru