Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Murung Raya Berkomitmen Jadikan Puruk Cahu Pusat Padi Gogo

  • Oleh Tim Borneonews
  • 30 April 2024 - 18:35 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, berkomitmen untuk menjadikan Puruk Cahu, sebagai sentra pertanian padi jenis gogo.

"Komitmen tersebut tentunya memerlukan dukungan dari semua pihak, termasuk pemerintah pusat," kata Penjabat Bupati Murung Raya Hermon setelah menghadiri kegiatan rapat paripurna DPRD kabupaten setempat di Puruk Cahu, Selasa, 30 April 2024.

Hermon mengakui bahwa usulan mentransformasi Murung Raya menjadi pusat budi daya padi gogo telah disampaikan kepada pemerintah provinsi pada saat kegiatan Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045, dan Musrenbang RKPD Tahun 2025 di Palangka Raya pada Rabu (24/4).

Hanya saja, lanjut dia, Puruk Cahu masih memiliki kendala dalam memenuhi target tersebut, yakni keterbatasan lahan sawah yang sampai saat ini baru sekitar 30 hektare.

Sementara, bila ingin mendapatkan dukungan dari Kementerian Pertanian terhadap pengembangan lahan pertanian padi, diperlukan setidaknya 10.000 hektare.

"Kami di Pemkab Murung Raya akan terus berupaya menyediakan sawah sesuai dengan kebutuhan Kementerian terkait tersebut secara bertahap," kata Hermon.

Selain itu, Pj Bupati Murung Raya itu menegaskan pentingnya pembangunan di daerahnya, terutama mengingat peran Kalimantan Tengah sebagai daerah penyangga untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dia menyoroti perlunya dukungan untuk pembangunan daerah penyangga agar pembangunannya dapat diprioritaskan, terutama persiapan lahan pertanian. Sebab, dengan adanya IKN membuat wilayah timur diharapkan bisa menjadi prioritas sebagai daerah penyangga.

"Tidak hanya itu, pengembangan ini menandai komitmen untuk memajukan Murung Raya, dengan memanfaatkan potensi pertanian dan memperkuat peran strategisnya dalam mendukung pembangunan nasional, khususnya dalam konteks Kawasan Ekonomi Khusus," kata Hermon.

ANTARA

Berita Terbaru