Wonderful Indonesia
 
Sabtu, 03 Desember 2016
 

 
Wonderful Indonesia

Festival Budaya Mihing Manasa Meriahkan Hari Jadi Gumas ke-14

 
 
Salah satu lomba yang dipertandingkan dalam Festival Budaya Mihing Manasa (FBMM) adalah habayang. Hari jadi ke-14 Kabupaten Gunung Mas (Gumas) dimeriahkan dengan FBMM. (BORNEO/EPRA)

Salah satu lomba yang dipertandingkan dalam Festival Budaya Mihing Manasa (FBMM) adalah habayang. Hari jadi ke-14 Kabupaten Gunung Mas (Gumas) dimeriahkan dengan FBMM. (BORNEO/EPRA)

BorneoNews

BORNEONEWS- Kuala Kurun:  DALAM rangka memeriahkan hari jadi kabupaten Gunung Mas (Gumas) ke-14 pada 21 Juni 2016. Pemerintah Kabupaten Gumas bakal menggelar Festival Budaya Mihing Manasa (FBMM). Demikian disampaikan kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbubparpora) Yokdie saat dibincangi borneonews di ruang kerjannya, pekan kemarin.

“Panitia telah dibentuk untuk melaksanakan kegiatan Festival Budaya Mihing Manasa dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Gunung Mas,” ujar Yokdie.

Dia menyampaikan, ada 16 cabang yang diperlombakan dalam FBMM. Yakni karnaval budaya, habayang, balogo, tari daerah, silat Dayak, mangenta, lagu pop daerah. Kemudian, karungut, masakan tradisional, mangaruhi, dayung tradisional, pakasak lamang, manyipet, manjawet, papipar dan maneweng, manetek dan manyila kayu.

“Semua yang diperlombakan dalam kegiatan FBMM adalah budaya masyarakat Kabupaten Gunung Mas,” terang dia.

Menurut Yokdie, kegiatan FBMM akan diikuti kontingen dari 12 kecamatan. Menurut rencana kegiatan FBMM akan dipusatkan di Stadion Mini, Kuala Kurun. Sementara untuk dayung tradisional dilaksanakan di pelabuhan yang berlokasi di depan pasar baru.

“Kita saat ini terus melakukan persiapan. Festival Budaya Mihing Manasa akan dilaksanakan beberapa hari menjelang puncak peringatan hari jadi Kabupaten Gunung Mas. Kita harapkan semua kecamatan untuk mempersiapkan kontingen yang akan mengikuti lomba pada FBMM,” terang dia.

Yokdie melanjutkan, FBMM merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan budaya dan pariwisata yang ada di Kabupaten Gumas untuk masyarakat luar. Mengingat Kabupaten Gumas banyak memiliki potensi pada bidang kebudayaan dan pariwisata.

“Festival Budaya Mihing Manasa yang rutin diselengarakan di Kabupaten Gunung Mas, telah terdaftar di Kementrian Pariwisata Republik Indonesia,” ucap dia.

Sementara itu, terkait persiapan peringatan hari jadi Kabupaten Gumas ke-14. Pemkab telah membentuk panitia untuk mempersiapkan berbagai kegiatan, dalam memeriahkan hari jadi kabupaten bermoto bumi habangkalan penyang karuhei tatau.  Mengingat akan banyak kegiatan yang dilakukan, seperti pameran pembangunan, FBMM, jalan sehat dan lainnya.

“Semua SKPD harus berpartisipasi untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Gunung Mas. Hal itu supaya berbagai kegiatan dalam memeriahkan hari jadi Kabupaten Gunung Mas, dapat berjalan dengan sukses dan lancar,” pesan Bupati Gumas Arton S Dohong. (EP/*)

 

BERITA POPULER

 
INDEKS HJ. NURHIDAYAH

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA

PRAKIRAAN CUACA

Sumber : BMKG

To Top