Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Katingan Kembali Raih Opini WTP

  • Oleh Hairul Saleh
  • 14 Juni 2016 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan -' Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pengelolaan keuangan daerah tahun anggaran 2015, berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah.

Dengan raihan opini WTP, Pemkab Katingan akan mendapatkan dana insentif dari pusat yang nilainya akan lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun 2013 sebesar Rp2 miliar dan 2014 Rp5 miliar. Dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pembangunan.

Atas capaian tersebut, Sekretaris Daerah Katingan, Nikodemus mengucapkan terimakasih kepada seluruh komponen pemerintah di lingkup Pemkab Katingan yang telah dapat menyajikan laporan pertanggungjawaban keuangan dengan baik.

"Semua komponen punya andil dalam hasil WTP, terutama seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Hasil yang dicapai ini berkat kerja keras SKPD dalam pengelolaan keuangan. Terimakasih kepada seluruh SKPD termasuk kecamatan karena bisa menyajikan laporan keuangan yang benar dan baik. Juga kepada asisten III, inspektorat, bagian akuntansi dan perbendaharaan," ucap Nikodemus kepada wartawan di ruang kerjanya, di Kasongan, Selasa (14/6/2016).

'Meski mengaku gembira, Niko juga mengaku dengan diraihnya opini WTP tersebut beban yang akan dipikul pemerintah daerah beserta jajarannya semakin berat. Sebab, pihak pengaudit dari BPK akan semakin masuk ke dalam melakukan pemeriksaan laporan keuangan daerah. '"Opini WTP ini semakin berat karena kita akan diaudit itu semakin dalam oleh BPK RI. Seperti APBDes yang sebelumnya belum diaudit, akan diaudit. Bahkan bisa juga sampai dana desa yang paling berat."

 'Untuk itulah, Sekda berharap seluruh SKPD agar dapat memahami bahwa dengan memperoleh opini WTP itu beban semakin bertambah berat. Sehingga, SKPD dituntut agar bisa mempersiapkan diri dalam mengelola keuangan dengan baik dan benar.'

"Pengelolaan keuangan daerah dan administrasi pemerintahan memang harus tertib makanya perlu opini WTP. Karena uang negara satu sen pun harus dilaporkan penggunaannya dan harus jelas dimanfaatkan untuk hasil yang jelas. Kalau tidak bermanfaat maka pengelolaan keuangan seperti itu tidak memenuhi asas pengelolaan keuangan yang benar," jelasnya.

Bupati Katingan, Ahmad Yantenglie yang saat ini sedang menjalani ibadah Umroh melalui akun Whats App nya menyampaikan ajakan kepada jajarannya untuk terus meningkatkan kinerja.' "Mudahan menambah semangat untuk berbuat,"' sebut Ahmad Yantenglie. (HAIRUL SALEH/N).

Berita Terbaru