Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Di Palangka Raya, Penerimaan Siswa Baru Kembali Manual

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 21 Juni 2016 - 14:27 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Palangka Raya baik tingkat SMA/SMK maupun tingkat SMP tidak lagi menggunakan sistem online pada tahun ini. Tetapi kembali seperti mekanisme tahun sebelumnya, manual atau offline.

Setiap siswa tidak lagi melakukan pendaftaran di depan komputer yang tersambung jaringan, melainkan harus mendatangi ke sekolah  yang dikehendaki. Pendaftaran PPDB di Kota Cantik ini dimulai pada 20-25 Juni 2016. 

Terkait kebijakan yang kembali pada tahun-tahun sebelumnya ini, Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Kota Palangka Raya Norma Hikmah kepada Borneonews mengatakan hal itu didasarkan atas evaluasi penyelenggaraan tahun lalu yang menurutnya kurang optimal.

'Kebijakan ini lahir kan karena didasari evaluasi. Jadi hasil evaluasi tahun lalu dijadikan perbandingan dengan tahun sebelumnya. Kalau sistem online yang rangkingnya berdasarkan nilai tertinggi, banyak diserbu peserta luar dan siswa kita asli Palangka Raya yang kalah nilai dengan peserta dari luar,' terang wanita berjilbab ini, Senin (20/6/2016).

Ia tak menampik, langkah itu guna melindungi siswa lokal. Sebab anggaran di APBD Kota, juga sebenarnya untuk mendidik siswa Palangka Raya. Keterangan ini senada dengan evaluasi yang pernah dilontarkan Walikota Palangka Raya Riban Satia yang menegaskan, bahwa tidak semua yang dilakukan secara online itu menghasilkan output yang maksimal.

'Jadi tahun-tahun sebelumnya, memang dilakukan offline atau mendaftar ke sekolah.  Kemudian pada tahun lalu, dicoba menggunakan sistem penerimaan secara online dan hanya tahun kemarin saja yang dilakukan online. Karena hasilnya kurang memuaskan, lalu dievaluasi. Akhirnya tahun ini kembali seperti semula,' beber dia. (RZ/*)

Berita Terbaru