Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sampah Berserakan di Pinggir Jalan Depan Stadion Sampuraga Lama

  • Oleh Cecep Herdi
  • 18 Juli 2016 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tumpukan sampah masih banyak ditemui di pinggir jalan di dalam kota Pangkalan Bun. Seperti di jalan Sutan Sahrir Pangkalan Bun depan stadion Sampuraga lama, tumpukan sampah plastik tang sulit didaur ulang masih berserakan pada Senin (18/7/2015). Tak nampak petugas kebersihan satu pun yang memungut dan mengambil sampah-sampah tersebut.

"Itu banyak yang buang sampah sembarangan di situ tuh," sebut saja Bu De, pemilik warung soto ayam tang berada tak jauh dari stadion sepak bola tersebut.

Selain itu, di lokasi tersebut juga tak disediakan tempat sampah. Padahal di trotoar jalan tersebut, banyak penjual makanan yang bisa saja sampah bekas bungkus makanan dibuang sembarangan.

"Biasanya ada petugas yang berbaju warna kuning yang membersihkan sampah-sampah di sepanjang jalan ini," kata wanita yang mengaku sudah puluhan tahun berjualan soto ayam tersebut.

Padahal, Pangkalan Bun merupakan kota yang berturut-turut mendapatkan Piala Adipura. Piala Adipura diberikan kepada kota yang bersih dan bisa menjaga lingkungan, serta kesadaran masyarakat terhadap lingkungannya tinggi. 

"Kalau di kota-kota besar itu, disediakan tong sampah di trotoarnya. Ini nggak ada," kata Mustadi, pejalan kaki yang melintas di depan Stadion Sampuraga.

Pantauan Borneonews, hampir setiap hari tumpukan sampah dan daun dari pohon itu berserakan. Setiap kali dibersihkan oleh pasukan kuning (petugas kebersihan), sampah-sampah tersebut kembali berserakan karena masih banyak warga yang membuang sampah di area tersebut. Terlebih, stadion tersebut kerap kali menjadi tempat berkumpulnya warga Kobar jika ada kegiatan hiburan dan olah raga. (CECEP HERDI/m)

Berita Terbaru