Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masih 25 Sekolah di Lamandau Belum Terakreditasi

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 17 Agustus 2016 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Kabupaten Lamandau setidaknya sudah memiliki 178 lembaga pendidikan formal (sekolah) yang terdiri dari tingkat satuan pendidikan SD sebanyak 115 sekolah, SMP sebanyak 41 sekolah, SMA/MA sebanyak 13 sekolah dan SMK sebanyak 9 sekolah hingga 2016 ini.

Namun demikian, dari total sekolah yang ada di Lamandau tersebut faktanya belum seluruhnya terakreditasi, dan jumlahnya masih lebih dari 20 sekolah.

"Memang masih ada 25 sekolah di daerah kita yang belum terakreditasi, di antaranya untuk SD masih ada 7 sekolah, SMP masih ada 9 sekolah, SMA/MA ada 2 sekolah dan untuk SMK masih ada 7," kata  Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran (Dikjar) Lamandau, melalui kepala bidang pengembangan standar nasional pendidikan (Kabid PSNP) Eby Iriansen, Rabu (17/8/2016).

Meski demikian, Eby menyebutkan bahwa belum terakreditasinya sejumlah sekolah tersebut tidak mempengaruhi kualitas ataupun sistem pembelajaran kepada peserta didik. Karena belum terakreditasinya beberapa sekolah itu karena persoalan masih tergolong sekolah baru.

"Sekolah-sekolah yang belum terakreditasi itu memang semua baru dibangun dan belum pernah meluluskan siswa. Seperti halnya SMK ataupun SMP satu atap (Satap) yang baru dua tahun berdiri," jelasnya.

Sebab, lanjut dia, salah satu syarat untuk pengajuan akreditasi sekolah di Badan Akreditasi Nasional (BAN) Provinsi Kalteng, harus sudah meluluskan siswa.

"Sejak 2007, kita sudah melaksanakan pengakreditasian terhadap sekolah-sekolah yang ada di Lamandau," terangnya.

Dan ntuk tahun ini, imbuhnya lagi, kita akan mengajukan pengakrediasian sekolah yang belum terakreditasi. Tentunya khusus untuk sekolah yang sudah memenuhi syarat yang ditetapkan oleh BAN. (HENDI NURFALAH/m)

Berita Terbaru