Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Ingatkan Tumpang Tindih DPT Kota Palangka Raya

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 29 Agustus 2016 - 01:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' ANGGOTA DRPD Kota Palangka Raya, Muhammad Yusran mengingatkan agar daftar pemilih Tetap (DPT) Pemilih menjadi perhatian komisi pemilihan umum (KPU) Kota Palangka Raya.  Persoalan adanya tumpang tindih DPT menjadi sorotan utama politisi Hanura ini.

Kata dia, meskipun pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) masih cukup lama, namun tidak ada salahnya kalangan Dewan mengingatkan penyelenggara pemilu tersebut. Ini karena berkaca pada Pemilu legislatif, pemilu presiden, dan Pilkada Gubernur Kalteng beberapa waktu lalu masih dijumpai  adanya tumpang tindih pemilih dan hilangnya hak partisipasi pemilih.

'Masalah DPT tumpang tindih sering terjadi. Orangnya ada, tapi DPT nya tidak ada. Saya ingin hak mereka untuk memilih, tidak diabaikan. Artinya harus ditelusuri dan diselesaikan. Masih ada waktu banyak,' ujar Yusran di depan lima komisioner KPU Kota Palangka Raya belum lama ini.

Penekanan disampaikan Yusran, karena KPU juga sudah mengajukan anggaran pra-tahapan sebesar Rp 800 juta lebih untuk dianggarkan di APBD Kota. Wajar ia berharap bantuan anggaran itu digunakan dengan optimal mulai saat ini.

Yusran juga mengutarakan, untuk meminimalisir kasus tersebut ia menyarankan agar database individu diperkuat. Supaya tidak menghilangkan hak politik seseorang yang dijamin Undang-Undang.

'Permudahkanlah cek sendiri lewat Website KPU Kota misalnya, itu salah satu cara efisien sambil menelusuri database. Ini supaya hak politik mereka terjamin,"

Sementara salah satu Anggota KPU Kota,Sastriadi mengatakan, Pilkada bukan pekerjaan KPU saja. Melainkan instansi lain juga turut andil dan juga sama-sama mengajukan anggaran pelaksanaan. Antara lain Bakesbangpol, Polres, Panwaslu, dan Satpol PP Kota Palangka Raya. Terkait masalah database pemilih, masyarakat bisa mengecek melalui updating di web. (RZ/*)

Berita Terbaru