Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Apresiasi Peran Pramuka Kotawaringin Timur

  • Oleh Rafiuddin
  • 23 September 2016 - 14:45 WIB

BORNEONEWS, Kotim - Bupati Kotawaringin Timur, Supian Hadi mengapresiasi peran besar Pramuka yang ikut terlibat dalam berbagai kegiatan sosial yang selama ini dilakukan di Bumi Habaring Hurung. Kwartir Cabang Pramuka Kotim memang sudah dikenal paling aktif di Kalimantan Tengah. Dalam berbagai kegiatan, Pramuka turut aktif membantu dalam pelayanan kepada masyarakat.

'Selama ini partisipasi mereka sangat luar biasa. Contoh yang sangat menarik pada saat arus mudik lebaran. Setiap kapal datang mereka membantu mengangkat barang-barang penumpang tanpa diberi biaya. Ini sangat luiar biasa, contoh yang sangat positif. Ini memberikan semangat kita menghidupkan kembali gotong-royong yang bagus dan perlu kita tingkatkan di Kotim ini,' kata Supian Hadi pada acara HUT ke 55 dan apel besar Pramuka di Halaman Kantor Bupati Kotim, di Sampit, Jumat (23/9/2016).

Kwartir Cabang Pramuka Kotawaringin Timur memang sudah dikenal paling aktif di Kalimantan Tengah. Dalam berbagai kegiatan, Pramuka turut aktif membantu dalam pelayanan kepada masyarakat.

Saat arus mudik lebaran, khususnya di Pelabuhan Sampit, puluhan anggota Pramuka selalu hadir saat kedatangan dan keberangkatan kapal, siang maupun malam. Mereka membantu petugas mengatur penumpang yang biasanya berebut saling mendahului naik ke kapal.

Pada HUT ke 55 dan apel besar Pramuka Kotim selain dihadiri langsung oleh Bupati Kotim Supian Hadi, Wakil Bupati M taufiq Mukri, dan para pejabat daerah juga hadir Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Tengah, Sipet Hermanto.

Pada kesempatan itu, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Kalteng, Sipet Hermanto langsung melantik majelis pembimbing cabang Gerakan Pramuka Kotim.

Dikatakan Supian, di usia pramuka yang ke 55 tahun ini semoga tercipta generasi muda yang siap mental dan tangguh untuk memimpin daerah, khususnya Kabupaten Kotawaringin Timur. Hal itu selaras dengan tema yang diusung yakni membangun karakter kaum muda melalui kegiatan yang keren, gembira dan asyik.

'Artinya ikut pramuka bagaimana memiliki jiwa sosial yang tinggi. Seorang anggota Pramuka bisa ikut terlibat langsung dalam semua kegiatan yang bersifat positif, seperti penggalangan dana, musih kebakaran rumah penduduk, kebakaran lahan, membersihkan lingkungan di Kota Sampit dengan semangat yang tinggi melaksanakan dengan tulus dan ikhlas. Kegiatan Pramuka bukan kegiatan yang dipaksakan tetapi dengan kesadaran untuk mendidik mental dan pribadi untuk membangun Kotim,' ujar Supian.

Sementara itu, Sipet Hermanto mengatakan, kegiatan Pramuka adal;ah kegiatan ekstrakurikuler yang wajib, dalam rangka pembinaan generasi muda. Pembinaan generasi muda di Pramuka tergantung pada bantuan dan partsipasi pemerintah daerah yang menyiapkan infrastruktur dan pembinaan lainnya.

'Saya selaku Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada pengurus kabupaten atas segala pengabdian dan dedikasi dalam membina generasi Pramuka,' ucapnya. (RAFIUDIN/N).

Berita Terbaru