Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kembangkan Sampit Menjadi Kota Jasa

  • Oleh Rafiuddin
  • 25 September 2016 - 16:25 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur terus memprogramkan pengembangan objek wisata, baik itu wisata alam maupun buatan. Hal itu dilakukan guna menjadikan Kota Sampit sebagai kota jasa.

'Kalau Kabupaten Kotawaringin Timur ini sudah dimekarkan menjadi dua kabupaten. Kota Sampit ini akan menjadi kota jasa, makanya perlu dipersiapkan mulai sekarang,' kata Sekretaris Daerah Kotim, Putu Sudarsana, Minggu (25/9/2016).

Untuk mewujudkan Kota Sampit sebagai kota jasa, pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, sektor pariwisata harus terus dikembangkan. Beberapa tahun terakhir program itu sudah mulai terlihat seperti, pembuatan patung Ikan Jelawat, pengembangan Pantai Ujung Pandaran. Sejumlah lokasi itu belakangan menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi para wisatawan lokal maupun nasional.

Selain mengembangkan dua objek wisata tersebut, saat ini pemerintah membangun Kebun Raya Sampit. Kebun Raya yang luasnya 607 hektare itu diyakini akan mampu mendongkrak kunjungan wisata sekaligus melengkapi Kota Sampit sebagai kota jasa.

Meski membutuhkan anggaran yang mencapai Rp1,4 triliun lebih, namun dengan bantuan dana APBN pemerintah daerah yakin Kebun Raya Sampit mampu dibangun.

Alasan pengembangan objek wisata ini yakni Kota Sampit ke depannya akan berdiri sendiri, dan berpisah dari lima kecamatan di daerah utara. Sedangkan Kotawaringin Timur bagian utara nantinya akan masuk dalam wilayah kabupaten pemekaran, yakni Kotawaringin Utara (Kotara).

Kota Sampit disiapkan sebagai kota jasa, sebab jika tidak dimulai dari sekarang maka tidak menutup kemungkinan akan menjadi kabupaten tertinggal dibanding daerah lainnya. Sebab, sumber daya alam Kabupaten Kotawaringin Timur lebih banyak di wilayah utara, baik itu perkebunan kelapa sawit maupun pertambangan. Dengan dibangunnya sejumlah fasilitas umum, diharapkan Kota Sampit nantinya bisa lebih maju dan mandiri.

Putu mengatakan bahwa berbagai rencana besar pemerintah daerah untuk pengembangan pariwisata tersebut, tidak akan terwujud tanpa adanya dana yang memadai. Membutuhkan waktu yang sangat lama jika pembangunannya hanya mengandalkan dana daerah.

'Sektor pariwisata bisa menjadi sektor andalan baru bagi daerah. Prospeknya juga sangat bagus karena bisa terus dikembangkan tanpa perlu khawatir akan habis seperti sumber daya alam,' ucapnya. (RAFIUDIN/m)

Berita Terbaru