Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Rintis WPR di Kotawaringin Barat

  • 28 September 2016 - 18:49 WIB

BORNEONEWS, Kobar - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran segera merintis wilayah pertambangan rakyat (WPR) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Semua persiapan awal, telah matang. Terkait petunjuk teknis dan berbagai aturan terkait program itu juga sudah mulai dirancang.

"Nanti apa-apa saja yang perlu dipersiapkan akan kami bicarakan dengan bupati," beber Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, usai menghadiri acara silaturahim di rumah keluarga Haji Ruslan AS, Senin (26/9/2016).

Saat ini, kata Gubernur, pembangunan semelter bauksit oleh PT Kapuas Prima Coal (KPC) hampir rampung. Rencananya, program WPR akan diintegrasikan dengan semelter tersebut. "Dengan program WPR diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD)."

Jika program WPR di Kabupaten Kobar berhasil, nantinya akan dikembangkan di daerah lain terutama yang sudah ada pertambangan rakyat atau pertambangan tradisional.

Program itu, imbuh Gubernur, sepenuhnya ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat tempatan. Dalam pengelolaanya nanti, izin WPR akan dikeluarkan melalui koperasi-koperasi yang dibentuk masyarakat.

"Hanya koperasi warga sekitar lokasi pertambangan yang memperoleh izin. Untuk itu saya minta masyarakat bersiap menjemput program ini," tandas Sugianto.(FAHRUDDIN FITRIYA/N).

Berita Terbaru