Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga MInta Daya Listrik PLTMH Suling Tambun Ditingkatkan

  • Oleh Parnen
  • 30 September 2016 - 15:15 WIB

BORNEONEWS, Seruyan - Daya listrik Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), di Kecamatan Suling Tambun, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, dirasa masih kurang. Sejumlah desa lain tidak kebagian sasaran memperoleh jaringan listrik dari operasi PLTMH tersebut. PLTMH  yang memanfaatkan arus air untuk sumber daya listrik itu, terpasang di wilayah itu beberapa waktu lalu.

"Saat ini daya listrik yang dihasilkan dari PLTMH itu sebesar 300 kilowatt saja. Hanya beberapa desa yang bisa menikmati jaringan listrik dari PLTMH itu. Sementara masih ada desa lain disekitarnya tak bisa kebagian listrik. Karena daya listrik yang dihasilkan masih sangat terbatas," kata Yulianto (43), warga Suling Tambun kepada Borneonews saat berada di Kuala Pembuang, Jumat (30/9/2016).

Dia berharap agar status PLTMH yang dimaksud oleh pemerintah daerah bisa ditingkatkan dayanya dengan menjadikan PLTMH itu menjadi Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLMH) dengan kapasitas penghasil daya listrik sebesar satu megawaat.

"Dengan begitu desa-desa khususnya di Kecamatan Suling Tambun yang hingga saat ini belum memperoleh atau mendapat jaringan listrik untuk penerangan malam hari bisa ikut kebagian jatah listrik. Begitu juga sebagian besar desa-desa yang terdapat di kecamatan tetangga seperti Kecamatan Seruyan Hulu," ungkapnya.

Camat Seruyan Hulu, Syamsul mengakui, jika sebagian warga disejumlah desa di Kecamatan Suling Tambun memang belum bisa menikmati jaringan listrik. Informasi yang diperolehnya menyebutkan, jaringan listrik juga belum bisa dirasakan oleh sebagian warga desa di Kecamatan Seruyan Hulu.

"Kalau PLTMH ini bisa ditingkatkan dayanya hingga satu megawaat, paling tidak bisa mencukupi pasokan ketersediaan listrik, baik di wilayah Kecamatan Suling Tambun atau Seruyan Hulu. Kita berharap demikian, karena dari hasil analisis pemantauan yang pernah dilakukan para akademisi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) di lapangan, disampaikan PLTMH yang ada kapasitasnya bisa ditingkatkan mencapai satu megawatt," jelas Syamsul.

Camat itu menyarankan, agar pemerintah daerah mengusulkan ke pemerintah pusat melalui kementerian terkait untuk bisa ikut mendorong peningkatan daya PLTMH yang diharapkan warga desa, terutama yang belum menikmati jaringan listrik.

"Untuk di Kecamatan Seruyan Hulu sejak beberapa waktu sudah tersedia pembangkit listrik tenaga diesel. Namun daya yang dihasilkan pun masih sangat terbatas. Nah, jika usulan harapan peningkatan daya PLTMH itu bisa disetujui oleh pusat, maka pembangkit listrik tenaga diesel bisa dijadikan alternatif cadangan saat pembangkit liatrik mini hidro sewaktu-waktu mengalami gangguan operasional di lapangan," ungkap Syamsul. (PARNEN/N).

Berita Terbaru