Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinilai Mampu Tingkatkan PAD, Dewan Dorong Pemda Perhatikan Sektor Pariwisata

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 26 April 2024 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sektor Pariwisata akan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kotawaringin Barat, untuk itu diharapkan pemerintah daerah serius dalam pengembangan sektor pariwisata di wilayah Bumi Marunting Batu Aji ini. 

Hal tersebut disampaikan oleh salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kobar, Hatnati dari Fraksi Partai Gerindra. 

Menurut Hatnati, pemerintah daerah Kobar harus terus mendorong peningkatan sektor pariwisata guna memberikan multiplayer efek bagi perekonomian masyarakat. 

"Perlu kita ketahui, kunjungan wisatawan mancanegara ke Kobar ini sangat tinggi, mengingat ada Taman Nasional Tanjung Puting, dimana Taman Nasional Tanjung Puting itu tempat pengembangan orangutan, tentunya hal itu sebagai peluang besar bagi daerah, agar turis mancanegara ini bisa juga menikmati objek wisata yang ada di Kobar, seperti wisata pantai di sepanjang pesisir Kecamatan Kumai,  dan desa desa wisata seperti desa Sekonyer," ujar Hatnati, Jumat, 26 April 2024.

Untuk itu Lanjutnya, dalam pengembangan pariwisata di perlukan sinergi program dengan pengembangan destinasi wisata baik pusat, provinsi maupun Kabupaten. Dengan demikian, sektor pariwisata diharapkan menjadi andalan untuk meningkatkan PAD. 

"Kita harus optimis sektor pariwisata sangat penting dalam upaya peningkatan PAD, karena perkembangan pariwisata daerah berimbas pada ekonomi masyarakat, sehingga sektor pariwisata ini mampu mensejahterakan masyarakat kita, melalui pengembangan produk UMKM," tuturnya. 

Lanjut Hatnati, pada saat musim lebaran, dalam waktu 4 hari angka kunjungan ke objek wisata Bogam Raya mencapai 37 ribu lebih, tentunya angka itu sangat luar biasa bagi PAD melalui retribusi, untuk itu sarana dan prasarana penunjang pariwisata pun harus di tingkatkan terutama infrasktruktur. 

"Harapan kami, destinasi wisata di Kobar ini bukan saja di kunjungi oleh wisata lokal saja, tetapi turis mancanegara pun tertarik untuk berkunjung," imbuhnya. (DANANG/R)


TAGS:

Berita Terbaru