Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU dan Bakal Calon Tanam Pohon Demokrasi

  • 02 Oktober 2016 - 17:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar)  melakukan penanaman 'pohon demokrasi' di halaman Kantor KPU. Minggu (2/10/2016).

Acara itu dihadiri  pula oleh Ketua KPU Provinsi Kalimantan Tengah Ahmad Syar'i  dan para bakal calon bupati dan wakil bupati Kotawaringin Barat. Ketua KPU Kabupaten Kobar, Siti Wahidah menyatakan, penanaman pohon penting dilakukan karena aktifitas kepemiluan yang menempatkan KPU sebagai penyelenggara, berkaitan erat dengan pohon.

Kegiatan ini, kata dia, penting dilakukan karena kertas yang digunakan sebagai surat suara dalam proses pemilu berasal dari pohon, selanjutnya diolah menjadi kertas untuk digunakan.

"Lingkungan menjadi hal serius yang harus kita perhatikan, karena selain kita memanfaatkan kertas dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab kita, tetapi juga harus melestarikan sumber daya alam yang ada," katanya.

Menurut dia, keberadaan pohon sangat penting bagi kehidupan karena memberikan manfaat bagi makhluk hidup lainnya.

Sedangkan dari sisi agama, jika setiap orang yang menaman pohon dan kehadiran pohon membawa manfaat bagi makhluk hidup, maka pahala besar akan diterima oleh setiap orang yang menanam pohon itu.

"Keberadaan pohon memberikan makanan bagi burung-burung di udara, serta tempat berteduh bagi manusia sehingga terjadi sirkulasi pertukaran oksigen untuk kepentingan kehidupan," ujarnya.

Produksi kertas dan surat suara, sertifikat, formulir untuk penyelenggaraan pemilu, kita gantikan secara simbolis dengan penanaman pohon.

Di tempat sama, Ketua KPU Provinsi Kalimantan Tengah (KPU) Ahmad Syar'i meminta penyelenggara pilkada Kobar 2017 untuk tidak curang dan tetap bersikap bijak dalam menyikapi berbagai persolan berkaitan dengan penyelenggaraan pesta demokrasi di Bumi Marunting Batu Aji.

"Jangan melakukan hal yang tidak boleh dilakukan dan bekerjalah dengan sebaik-baiknya," tuturnya sebelum membuka tirai maskot Pilkada Kobar 2017 (Si Piko).

Selain menanam pohon demokrasi, acara yang dipusatkan di halaman kantor KPU Kobar itu juga digelar jalan sehat, donor darah dan launching maskot pilkada Kobar 2017. Tampak hadir sejumlah balon, tim pemenangan serta para pendukung masing-masing balon.( (FAHRUDDIN/m)

Berita Terbaru