Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Usai Ritual Ngayau, Warga Keracunan Formalin Yang Dikira Air Minum

  • Oleh Abdul Gofur
  • 19 Oktober 2016 - 12:59 WIB

BORNEONEWS,  KASONGAN --  Musibah keracunan cairan formalin menimpa sejumlah warga di wilayah Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan, Selasa (18/10) sekitar pukul 11.30 Wib.

Peristiwa warga keracunan cairan formalin itu terjadi di kediaman tempat tinggal keluarga Tukang ,  Desa Rantau Asem RT3 Kecamatan Katingan Tengah.

Berdasarkan informasi, saat itu di rumah keluarga Tukang tersebut tengah dilaksanakan ritual nganyau kayu sekitar pukul 11.30 Wib.

Dalam acara itu seluruh keluarga atau masyarakat saat itu sedang makan siang, termasuk Uge Irene (60) warga Desa Rantau Asem RT3, kemudian Meluh (50) warga Desa Rantau Asem RT01 dan saudara Abetsi (46) warga Desa Tumbang Pariye RT01. 

Usai menyantap makanan yang dihidangkan, mereka tanpa sengaja meminum cairan formalin yang dikira air mineral/air putih biasa yang disimpan di sekitar tempat kejadian perkara (TKP).

Pasalnya cairan formalin tersebut disimpan dalam botol bekas air mineral kemasan aqua besar. Tidak berselang lama ketiganya pun mulai keracunan cairan formalin itu. Melihat sebagian warga keracunan warga lainnya lantas melarikan para korban ke Puskesmas Tumbang Samba guna mendapatkan pertolongan medis.

Meski sempat beberapa lama dirawat di Puskesmas Tumbang Samba, namun kondisi Uge Irine dan Meluh semakin kritis kemudian pihak puskesmas merujuk keduanya ke RSUD Dorys Silvanus Palangkaraya. Sementara Abetsi hanya dirawat di Puskesmas Tumbang Samba dan diperbolehkan kembali pulang ke rumah karena tidak begitu parah.

Kapolsek Katingan Tengah AKP Wahono membenarkan musibah keracunan tersebut. Menurutnya jika formalin yang disimpan di botol bekas air mineral kemasan itu adalah sisa cairan formalin yang sebelumnya untuk mengawetkan mayat di tempat tersebut yang baru meninggal dunia.  (GP/*)

Berita Terbaru