Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerataan Tenaga Kesehatan

  • Oleh Oktrika Nugraheni
  • 25 Oktober 2016 - 06:00 WIB

Selain jumlah tenaga kesehatan di Kotawaringin Barat (Kobar), masalah kesehatan yang juga harus diselesaikan adalah distribusi tenaga kesehatan yang tidak merata. Sebagian besar tenaga kesehatan banyak terfokus di daerah perkotaan sehingga menyulitkan masyarakat di daerah perdesaan dan terpencil lainnya untuk mendapatkan layanan kesehatan. 

Contohnya di salah satu desa, Kecamatan Arut Selatan, masih ada warga yang kesulitan untuk mendapatkan layanan kesehatan. Bahkan, karena tidak ada tenaga medis di daerah itu, ada yang melahirkan hanya dibantu suaminya. 

Untuk memenuhi pelayanan di setiap wilayah, kita memang harus bekerja keras menyiasati pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan terutama bagi daerah pelosok, terpencil dan tertinggal. Upaya pemberian insentif bagi dokter, bidan desa, perawat dan tenaga kesehatan lainnya bisa menjadi alternatif untuk merangsang SDM kesehatan bersedia ditempatkan di wilayah-wilayah tersebut. 

Besaran insentif ini tentu harus dilakukan secara proporsional sehingga di satu sisi merangsang para tenaga kesehatan untuk siap mengabdi. Di sisi lain, ada kemampuan dana yang cukup dari pemerintah. 

Upaya lain untuk pemerataan tenaga kesehatan ini adalah dengan mengintensifkan kembali program-program pengabdian oleh tenaga kesehatan seperti program wajib profesi dan program PTT bagi dokter-dokter baru.

Kebutuhan tenaga dokter PTT menjadi sangat penting mengingat masyarakat pada daerah-daerah terpencil didominasi oleh masyarakat yang serba berkekurangan dengan tingkat ekonomi dan kesehatan yang rendah dan miskin. Sehingga diharapkan, kehadiran dokter PTT dapat mengatasi berbagai permasalahan yang dialami masyarakat karena kondisi yang serba terbatas seperti kurang gizi, kurang pengetahuan kesehatan, perilaku kesehatan kurang baik, dan lingkungan pemukiman yang buruk.

Ini bukan saja menegaskan komitmen pemerintah dalam melayani kesehatan masyarakat secara merata, tetapi juga untuk memberikan kesempatan yang sama bagi semua masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal. (*)

Berita Terbaru