Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

12 Kategori Bukung Akan Dilombakan dalam Gelaran Festival Babukung

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 26 Oktober 2016 - 22:31 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Sedikitnya akan ada 12 kategori bukung yang akan menghiasi perayaan Festival Babukung pada 28-30 Oktober 2016. Selain akan menghiasi karnaval kolosal, 12 jenis Bukung tersebut juga dipastikan menjadi kategori lomba yang akan diikuti seluruh peserta dari perwakilan desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Lamandau.

Hal tersebut seperti diungkapkan ketua panitia Festival Babukung Lamandau 2016, FX. Perwiragato, saat dibincangi Borneonews, Rabu (26/10/2016).

Gato menjelaskan, ke-12 kategori bukung tersebut sudah pasti akan dipentaskan oleh seluruh kelompok peserta dalam pembukaan Festival Babukung Jumat (28/10/2016). Pementasannya hanya dalam bentuk karnaval dan tanpa ada penilaian.

"Untuk penilaian peserta sendiri akan dilakukan pada saat pementasan lomba yang bentuknya exebisi, tepatnya pada Sabtu (21/10/2016). Saat lomba, penampilan peserta akan dinilai oleh tim juri, mulai dari kostum, koreografi, kekompakan, musikikalitas dan sejumlah komponen lainnya," sebut Gato.

Nanti penilaian lombanya disesuaikan kategori, sebagaimana ketentuan setiap desa dari masing-masing kecamatan diharuskan memilih kategori bukung yang berbeda. "Sehingga kelompok peserta akan berlomba sekaligus mewakili kecamatannya masing-masing," bebernya.

Sementara itu, hingga H-2 Rabu (26/10/2016), diketahui bahwa panitia sendiri masih terus melakukan rekapitulasi data pendaftaran peserta tentang jenis bukung yang akan dibawakan perwakilan masing-masing desa/kelurahan. Jika rekapitulasi selesai, akan diketahui bahwa ada berapa dan desa mana saja yang akan berlomba untuk kesemua kategori bukung yang dilombakan. (HENDI NURFALAH/*)

Berikut 12 Jenis (topeng) Bukung:

1.  Bukung Bakaka

2. Bukung Bamba

3. Bukung Belanda

4.  Bukung Buaya

5. Bukung Hundang

6.  Bukung Kompadi

7. Bukung Lelawar

8. Bukung Anjing

9.  Bukung Naga

10. Bukung Pangua

11. Bukung Rusa

12. Bukung Tingang.

Berita Terbaru