Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pendidikan Kotawaringin Barat Kaji Sekolah Libur Sabtu-Minggu

  • 13 November 2016 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Menanggapi wacana libur Sabtu-Minggu untuk sekolah dari Kementrian Pendidikan, Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengaku akan melakukan pemetaan dan pengkajian terhadap wacana tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kotawaringin Barat Aida Lailawati mengatakan, mungkin libur Sabtu-Minggu itu keinginan Kementrian untuk melaksanakan program full day school (FDS) atau belajar sehari penuh sehingga waktu belajar hari Senin sampai Jumat jadwal dipadatkan.

"Sepertinya kebijakan libur Sabtu dan Minggu ada kaitanya dengan wacana FDS," ujar Aida saat dihubungi Borneonews via ponsel. Minggu (13/11/2016).

Untuk penerapanya, kata Aida, pihaknya perlu melakukan pemetaan bagi sekolah di Kobar yang sudah siap dan belum siap menjalankan program tersebut.

"Setelah pemetaan, perlu dilakukan kajian mendalam. Soal pendidikan tidak bisa dipaksakan dan disamaratakan, kondisi setiap daerah berbeda," bebernya.

Selain itu, dampaknya juga pada perubahan hari kerja guru, yang mungkin ada pengaruh dengan jam mengajar untuk pemenuhan sertifikasi para guru.

Sebelumnya, Mendikbud  Muhadjir beralasan, libur hari Sabtu dan Minggu dapat memberi kesempatan kepada siswa yang ingin menikmati waktu berkumpul bersama keluarga. Sekaligus juga menjadi ajang siswa mengembangkan bakat minat mereka dengan bergabung dalam organisasi.

Wacana soal libur hari Sabtu dan Minggu, merupakan bagian dari rencana penerapan sekolah dengan pendidikan karakter dan melaksanakan kebijakan FDS di sekolah. Aktivitas mengisi libur itu tergantung dari konsep yang digagas masing-masing sekolah.

Pendidikan karakter tidak membuat siswa belajar seharian. Ada jam untuk melaksanakan kegiatan menyenangkan, seperti pengembangan minat dan bakat, mengaji atau membaca buku fiksi. (FAHRUDDIN FITRIYA/m)

Berita Terbaru