Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadis Kehutanan Katingan Bagikan Gratis 50 Ribu Bibit Buah-Buahan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 21 November 2016 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Dinas Kehutanan Kabupaten Katingan membagikan bibit buah-buahan kepada masyarakat yang jumlahnya mencapai lebih dari 50 ribu pohon. Bibit sebanyak itu, terdiri dari enam jenis. Di antaranya cempedak, nangka, kelengkeng, mangga, rambutan, dan kopi arabika.

"Bibit buah-buahan ini diberikan secara cuma-cuma atau gratis kepada masyarakat. Karena ini bentuknya hibah, kita menyalurkan bibit ini kepada kelompok tani, organisasi maupun instansi lainnya, dan tidak dibagi secara orang per orang," kata Kepala Dinas Kehutanan Katingan, Krisolit Elbaar, didampingi Kabid Bina Hutan, Fitroni A Putra, di sela membagikan bibit buah secara simbolis di pusat pembibitan Jalan Tjilik Riwut Km10, Desa Bukit Batu, Kecamatan Katingan Hilir, Senin (21/11/2016).

Dari kelompok inilah kemudian dibagi lagi secara orang per orang yang masuk dalam anggota kelompok tersebut.

Hingga saat ini, kata Krisolit, sudah banyak proposal terkait pengajuan bantuan bibit yang sudah disampaikan ke Dinas Kehutanan. Ia mengimbau masyarakat kalau hendak bermohon minta bibit buah ini tidak lagi perorangan, tapi atas nama kelompok atau organisasi.

Selain mendukung visi lingkungan yaitu Konservasi Katingan untuk Borneo dan Kasongan Kota Hijau, tujuan bantuan bibit buah kepada masyarakat ini juga meningkatkan taraf hidup warga. "Sebab jenis buah yang pemerintah bagikan melalui Dinas Kehutanan itu semuanya memiliki nilai ekonomi," sebutnya.

Semua bibit buah yang ada, bibit pilihan yang didatangkan dari Pulau Jawa. Dan sesuai kontrak dan spesifikasi, bibit buah tersebut sudah bersertifikat. Karena itu, Krisolit Elbaar mengimbau masyarakat yang mendapatkan bantuan hibah bibit buah-buahan ini agar setelah ditanam di lahan masih-masing dirawat dengan baik.

"Jangan lupa diberi pupuk dan sebagainya agar tanaman bisa segera tumbuh baik dan menghasilkan," pesan Krisolit Elbaar. (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru