Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Gunung Timang Sudah Tanam Padi Pada Lahan Cetak Sawah

  • Oleh Agus Sidik
  • 23 November 2016 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh -  Masyarakat di Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah, sudah memanfaatkan lahan hasil cetak sawah. Mereka menanam padi sawah, pada musim tanam Oktober-Maret 2016/2017, guna meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus menunjang swasembada pangan.

'Kami telah melaksanakan tanam padi lahan cetak sawah di Desa Kandui, Kecamatan Gunung Timang, sebagai upaya pemerintah daerah meningkatkan perekonomian masyarakat. Di sini petani antusias sambut program tersebut, sebab dulu masyarakat Desa Kandui penghasilannya menyadap karet, dan Alhamdulillah beralih ke padi,' kata Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan Barito Utara, Setia Budi kepada PPost, di Muara Teweh, Rabu (23/11/2016).

Setia Budi menjelaskan, untuk menunjang penghasilan petani agar lebih maju lagi, pemerintah daerah melalui dinas terkait menyiapkan bibit, pupuk serta obat antisipasi hama. 'Semua kelengkapan bagi petani sudah disiapkan dan tak perlu diragukan lagi, apalagi mengenai pupuk dan lain sebagainya itu gratis untuk petani.'

Dari situ diharapkan, hasil produksi padi musim tanam ini sangat memuaskan bagi petani dan desa. Warga desa senang, kata Setia Budi, tentunya pemerintah sangat senang, mengingat program ini semata untuk kepentingan dan kemakmuran masyarakat desa.

Pemerintah daerah selalu berupaya melakukan penambahan lahan tanaman pangan melalui perluasan sawah menjadi sangat penting, yang salah satu melalui program cetak sawah. Setia Budi mengingatkan, dengan adanya lahan cetak sawah ini masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga nantinya dapat mendukung produksi padi dimasa-masa mendatang dan terjadi peningkatan penghasilan bagi para petani. (AGUS SIDIK/N).

Berita Terbaru