Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UMK Undang Kuliah Tamu Fabio Coelho dari San Jose State University

  • Oleh Budi Baskoro
  • 03 Desember 2016 - 15:51 WIB

BORNEONEWS, Kudus - Universitas Muria Kudus (UMK) mengundang akademisi dari San Jose State University, California, Fabio Coelho. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMK, menyelenggarakan kuliah tamu itu, dalam rangka memperkuat pemahaman dan kemampuan mahasiswa dalam bidang penulisan Bahasa Inggris.

Dalam rilisnya Rosidi Humas UMK menyebutkan, kuliah tamu yang diikuti 90-an mahasiswa semester V Prodi PBI ini, digelar Sabtu (3/12/2016) pukul 08.30-11.00 WIB di Aula Masjid Darul Ilmi UMK. Pada acara bertema Improving Your Writing Academically itu, Fabio Coelho mengulas paraphrase di depan mahasiswa dan dosen yang memenuhi ruangan.

 ''Apa itu paraphrase Yaitu pembuatan kembali kata dari penulis lain, baik berupa teks, penjelasan, argumen, maupun cerita,'' katanya dalam perkuliahan tamu yang dibuka kepala Prodi PBI, Diah Kurniati.

Penjelasan lain mengenai paraphrase, yaitu prosi dari pernyataan ulang, adalah dengan tujuan untuk pengklasifikasian. Selain itu, yakni menampilkan gagasan (ide) orang lain, ditampilkan dalam bentuk baru.

Bagi pengkaji atau mahasiswa yang menekuni studi Bahasa Inggris, memahami paraphrase ini sangat penting, untuk menunjukkan pemahaman lebih dari sekadar teks. Selain itu, juga untuk mengefisiensikan penggunaan kata kutipan (quote).

Kehadiran Fabio Coelho pun menarik para mahasiswa Prodi PBI, karena bisa belajar banyak mengenai Bahasa Inggris dari penutur asli. ''Materi kuliah tamu tentang writing ini sangat penting, apalagi kita bisa belajar dari penutur asli,'' ujar Nanda Dwi Widhynugraha, salah satu mahasiswa.

Mengikuti kuliah tamu ini, dia pun mendapatkan banyak wawasan dan pengalaman baru yang dinilainya sangat bermanfaat. ''Dari sini, saya jadi memahami, ternyata ada cara mudah menulis Bahasa Inggris dengan baik dan benar,'' katanya diamini Khorid Datul Muniroh, mahasiswa lain. (ROSIDI/HUMAS UMK/*/N).

Berita Terbaru