Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polsek Sukamara Tekan Kenakalan Remaja dengan Patroli Malam

  • Oleh Norhasanah
  • 14 Desember 2016 - 13:56 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Polres Sukamara melalui Polsek Sukamara mencegah meningkatnya kenakalan remaja dengan aktif melaksanakan patroli malam. Aparat kepolisian mendatangi lokasi yang kerap digunakan anak-anak muda melakukan aktivitas, yang dikhawatirkan menjurus pada gangguan kamtibmas.

Kapolsek Sukamara, Iptu Ahmad Syakuni mengatakan, kenakalan remaja cukup menghawatirkan. Setiap kali anggotanya melakukan patroli selalu menemukan beberapa remaja yang asik menggunakan obat-obatan terlarang.

'Memang sering kita ketemu, hanya kita tidak melakukan penahanan terhadap mereka melainkan memberikan bimbingan ataupun membuat surat pernyataan untuk tidak mengulanginya lagi. Kemarin kita juga menemukan dua anak yang sedang mabuk akibat mengonsumsi arak,' kata Iptu Ahmad Syakuni, Rabu (14/12/2016).

Menurut Kapolsek Sukamara, kenakalan remaja bisa diantisipasi dengan cara melakukan patroli dari pihak kepolsian. Selain itu, orang tua harus aktif melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya. Mengingat kasus yang terjadi selama ini didasari atas kelalaian orang tua dalam memperhatikan pergaulan anak saat di luar rumah.

'Peran orang tua sangatlah penting terhadap perkembangan anak, yang kita takutkan dari kenakalan remaja ini nantinya akan membetuk mereka menjadi pelaku kriminal,' terangnya.

Ahmad Syakuni mencontohkan meskipun anak sudah memasuki usia remaja tidak berati pengawasan sudah harus dilepas. Menurut dia, tidak boleh percaya sepenuhnya terhadap apa yang dilakukan anak saat di luar rumah. Karena, anak yang kelihatan baik, dan pendiam saat di rumah, di luar rumah bisa terhasut oleh teman atau lingkungan yang membawanya k ehal-hal negatif.

'Itu sebabnya kita harus mengetahui dengan siapa anak kita bergaul, dan jika dia izin keluar harus dipantau agar tidak melenceng dari tujuan saat ingin keluar rumah.' Ucap Syakuni.

Kapolsek Sukamara yang baru menjabat dua minggu itu, meminta kerja sama masyarakat Sukamara untuk melaporkan kejadian atau hal-hal mencurigakan kepada polisi. Dengan adanya peran aktif warga, kondusifitas wilayah Sukamara tetap terjaga.

'Setiap melihat kejadian yang dapat menimbulkan gangguan kabtimnas bisa segera dilaporkan.Alhamdulillah untuk masyarakat Sukamara tingkat kepedulian terhadap lingkungan sangat tinggi,' kata Kapolsek Sukamara, Iptu Ahmad Syakuni . (MG-13/N).

Berita Terbaru