Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PAD Sektor Parkir Belum Capai Target

  • Oleh Rafiuddin
  • 09 Januari 2017 - 15:37 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Pendapatan asli daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten (Pemka) KotawaringinTimur (Kotim) dari retribusi parkir tidak memenuhi target. Dari target yang ditetapkan sebesar Rp2,3 miliar setelah perubahan 2016 namun realisasinya hanya Rp1,9 miliar lebih.

'PAD sektor parkir per 30 Desember 2016 targetnya sebesar Rp2,3 miliar setelah perubahan. Realisasinya hanya Rp1,9 miliar lebih atau 82,01%,' kata Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kotim, Arnila, Senin (9/1/2017).

PAD sektor parkir seharusnya bisa ditingkatkan lebih signifikan lagi, namun hal itu tidak dilakukan oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang menanganinya. Selain kurang digarap dengan maksimal, minimnya sumbangan PAD di sektor itu diduga banyak mengalir ke kantong pribadi ketimbang ke kas daerah.

Ada lebih 20 zona parkir yang ditetapkan pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur. Baik zona parkir dalam Kota sampit maupun diluar kota. Di dalam kota sampit saja, misalnya di Pusat Perbelanjaan Mentaya, nilai kontrak parkirnya ke pihak ketiga sekitar Rp1,6 miliar. Hal berbeda di Taman Kota Sampit, lokasi yang begitu ramai dikunjungi warga itu target PADnya tidak mencapai Rp2 juta.

Jika dimaksimalkan, sektor parkir akan mampu menyumbang pendapatan yang cukup besar bagi daerah. (RAFIUDDIN/B-5)

Berita Terbaru