Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Pengembangan Potensi di DAS Barito Jadi Prioritas

  • Oleh Donny Damara
  • 26 April 2024 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Purman Jaya meminta pengembangan potensi yang ada di wilayah DAS Barito agar dijadikan prioritas dalam program pemda baik provinsi maupun kabupaten.

Pasalnya kata Purman, wilayah DAS Barito berdekatan dengan IKN Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), sehingga hal itu tentu menjadi suatu keuntungan bagi Kalteng khusuanya DAS Barito.

"Apalagi yang berkaitan dengan pangan tentu wilayah DAS Barito memiliki potensi, sehingga pengembangan berkepanjutan perlu dilakukan dan dioptimalkan oleh pemerintah," katanya, Jumat, 26 April 2024.

Ia menuturkan, Kalteng harus dapat mengikuti perkembangan pembangunan IKN agar nantinya ketika IKN benar-benar sudah rampung daerah ini siap dalam segala hal, sebab merupakan salah satu provinsi penyangga.

"Seperti infrastruktur jalan dan jembatan harus terkoneksi ke IKN, sektor pangan juga harus tersedia dan dikembangkan dengan maksimal, karena ketika kita siap maka itu bisa memberikan dampak positif," ujarnya.

Purman berharap, Kalteng kedepan benar-benar bisa menjadi provinsi penyangga IKN dengan memanfaatkan dan mengelola potensi yang ada, sebab daerah ini sangat kaya dengan sumber daya alam (SDA).

"Terlebih DAS Barito berdekatan dengan IKN, jadi untuk distribusi hasil-hasil pertanian kesana akan lebih cepat, oleh karenanya jangan sampai potensi kita di provinsi ini terabaikan," pungkasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru