Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terminal Barang masih Proses DED

  • Oleh Cecep Herdi
  • 11 Januari 2017 - 13:32 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pembangunan terminal barang di Desa Batu Belaman Kecamatan Kumai sebelah area PD Agrotama Mandiri masih dalam proses Detail Enginering Design (DED).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kobar, Petrus mengatakan, masih ada beberapa proses yang harus ditempuh hingga pembangunan fisik.

"Masih banyak proses yang kita lalui, seperti uji DED ini, kemudian uji Amdal, Survey Investigasi Design. Setelah itu langsung lelang fisik," katanya, Rabu (11/1/2017).

Ia menerangkan, untuk uji DED, anggaran yang digelontorkan dari APBD Kobar kurang lebih Rp350 juta. "Pembangunannya fisiknya bisa tahun depan setelah semua proses uji selesai," kata dia.

Diharapkan, setelah adanya terminal khusus bongkar muat barang dari pelabuhan, Truk Besar (TB) tidak melintas lagi di dalam kota.

"Karena kita punya aturan yang melarang TB masuk jalur kota, sekarang juga masih kita gencarkan penertiban TB yang nekad masuk ke dalam kota," tandasnya.

Setelah terminal barang itu selesai dibangun, maka TB yang mengangkut barang-barang dari Pulau Jawa melalui kapal laut harus menuju ke terminal barang. "Nanti di terminal itu barang-barang baru dilangsir menggunakan truk atau mobil bak kecil," katanya. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru