Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Minyak Sawit Berprospek Cerah 2017

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 13 Januari 2017 - 06:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Para pelaku industri sawit memprediksi harga minyak sawit akan membaik pada 2017 berkat dukungan menguatnya nilai tukar dolar AS dan mulai meningkatnya permintaan global.

Saat ini, harga minyak sawit diperdagangkan di atas RM3.000 per ton. Seiring dengan mulai membaiknya produksi minyak sawit di Malaysia dan Indonesia pada semester kedua tahun ini, sehingga banyak analis memperkirakan harga akan bergerak tak jauh dari kisaran RM3.000 per ton.

'Tahun ini, saya berharap harga minyak sawit rata-rata di angka RM2.700 per ton, lebih tinggi dari harga rata-rata tahun lalu sebesar RM2.600 per ton seiring dengan mulai meningkatnya permintaan,' kata Menteri Perusahaan Perladangan dan Komoditi Malaysia Datuk Seri Mah Siew Keong, seperti dilansir The Edge Markets.

'Sejauh ini, secara bulanan, kami melihat meningkatnya ekspor ke China, namun turun jauh dibandingkan beberapa tahun lalu. Tahun ini kami harus bekerja keras untuk memasarkan minyak sawit,' katanya.

Menurut Mah, akan lebih baik jika harga minyak sawit berada di atas RM3.000 per ton. Tapi dengan mulai membaiknya produksi pada semester kedua tahun ini, ia memperkirakan harga tak akan bergerak jauh dari kisaran harga itu. Mah bahkan tak masalah bila harga minyak sawit berada di level RM2.700 per ton.

Terkait dengan upaya untuk memasarkan produk minyak sawit Malaysia, Mah berencana mengunjungi India untuk mempromosikan penggunaan minyak sawit sebagai minyak nabati. Ia juga akan berkunjung ke Iran dengan tujuan yang sama. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru