Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lapas Pangkalan Bun Bebas Pungli

  • 14 Januari 2017 - 18:09 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Pangkalan Bun terus berbenah, salah satunya menjadikan tempat pembinaan narapidana itu bebas pungutan liar (Pungli).

Sebelumnya, Lapas dengan warga binaan yang mencapai 560 orang itu telah menandatangani pakta integritas zero pungli atau bebas pungli di lingkungan Lapas. Kesepakatan tersebut sejalan dengan instruksi presiden dalam memberantas pungli yang memang digencarkan disemua bidang.

"Sebelum dan sesudah saya bertugas di sini (Lapas Pangkalan Bun), kami sudah menerapkan rutan yang bebas dengan pungutan apapun," ucap Kalapas Klas IIB Pangkalan Bun, Arief Gunawan di ruang kerjanya, Sabtu (14/1/217).

Arief menambahkan, penjagaan yang ketat baik berupa kamera CCTV serta pemeriksaan berlapis terus dilakukan. Bahkan, saat pertama masuk, kendaraan pengunjung dijaga sehingga tidak ada yang kehilangan. Justru jika ada barang yang tertinggal maka petugas rutan menginformasikan.

"Inspeksi mendadak (sidak) juga sering kami lakukan, semakin ke sini kondisinya lebih baik. Sangat jarang ditemukan pelanggaran," ucapnya.

Call centre baik dari pusat maupun di lingkungan Lapas juga telah disediakan dan dipampang jelas. Sehingga pengunjung atau siapapun bisa langsung melaporkan jika memang ada yang melihat pungli disini.

Namun, tentu semua akan dilakukan penyelidikan terlebih dahulu sebelum diberikan sanksi. Pungli ini sama bahayanya dengan narkoba sehingga harus terus diberantas. "Kepedulian dan kejujuran terus digencarkan sehingga layanan yang diberikan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat," pungkasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-2)

Berita Terbaru