Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mengenal Tim Respons Cepat Penyakit Menular Hewan (3), Ada Kasus Gigitan Anjing Tengah Malam Tetap Berangkat

  • Oleh Wahyu Krida
  • 19 Januari 2017 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sadar bahwa yang ditanganinya adalah hewan dengan penyakit berbahaya bagi manusia, seperti rabies dan flu burung, anggota Tim Respon Cepat Penyakit Menular Hewan pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), selalu siap bekerja tanpa mengenal waktu.

Karena itulah sering kali anggota tim bekerja pada tengah malam, bila mendapat info ada warga menjadi korban gigitan anjing.

Demikian dituturkan Sutaryo dan Supriyitno, dua dari delapan anggota Tim Respon Cepat Penyakit Menular Hewan pada Disnakkeswan Kobar kepada Borneonews, Kamis (19/1/2017).

"Penyakit hewan contohnya rabies adalah penyakit berbahaya. Kami tetap merespons walaupun dihubungi pada malam hari karena beranggapan bagaimana bila yang kena gigit adalah anggota keluarga kita. Pasti kita merasakan ketakutan," ujar Sutaryo.

Ia melanjutkan, dengan mendatangi secepat mungkin lokasi kejadian diharapkan anjing yang diduga terkena rabies tersebut cepat tertangkap dan pihaknya bisa mengabarkan kejadian itu secepat mungkin ke Dinas Kesehatan.

"Tujuannya agar anjing tersebut bisa ditemukan dan tidak jatuh lebih banyak korban. Selain itu kami juga bisa memberikan pengertian kepada keluarga korban agar secepat mungkin melakukan pembersihan luka. Juga memberi pengertian agar cepat datang ke puskesmas untuk mendapatkan suntikan vaksin anti rabies. Untunglah keluarga kami semua sudah paham dan tidak ada komplain terkait tugas kami," ujar mereka. (WAHYU KRIDA/B-3)

Berita Terbaru