Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Utara Dirikan Bengkel Alsintan

  • Oleh Ramadani
  • 22 Januari 2017 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Seiring dengan semakin majunya sektor pertanian di Kabupaten Barito Utara, telah banyak petani yang memanfaatkan kecanggihan teknologi. Seperti dengan menggunakan alat mesin pertanian (alsintan).

Pemerintah Kabupaten Barito Utara pun, sejak beberapa tahun terakhir telah beberapa kali membagikan bantuan alsintan kepada kelompok tani.

Sehubung dengan semakin banyaknya petani yang menggunakan alsintan, Dinas Pertanian Barito Utara berencana membuka bengkel untuk perbaikan alsintan.

Bengkel tersebut akan dibangun di Km 7, Jalan Muara Teweh'Puruk Cahu.

Kabid Pertanian Dinas Pertanian Barito Utara Jhon Sandi didampingi Kasi PSP A Priadi, mengatakan bengkel alsintan mulai beroperasi tahun ini.

Tujuanya untuk membantu para petani yang kesulitan dalam memperbaiki kerusakan alsintan.

Dikatakannya, bengkel alsintan mempekerjakan teknisi yang sudah terlatih. Selain itu, memiliki peralatan cukup lengkap. Sedangkan untuk suku cadang yang rusak, dapat dibeli di toko-toko yang ada di Kota Muara Teweh. Sebab sparepart alsintan banyak dijual para pedagang.

Mengenai biaya perbaikan alsintan sepenuhnya ditanggung petani atau kelompok tani yang mendapat bantuan alsintan dari pemerintah. Sebab mereka dianggap mampu atau telah mandiri.(RAMADHANI/B-3)

Berita Terbaru