Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Daerah Diberikan Penghargaan bila Mampu Tekan Karhutla

  • Oleh James Donny
  • 23 Januari 2017 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Presiden Jokowi akan memberikan penghargaan kepada daerah yang mampu menekan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hal itu disampaikan Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo melalui pers rilis yang disebar via WhatsApp setelah menghadiri Rakornas Karhutla di Istana Negara, Jakarta, Senin (23/1/2017).

"Dalam arahannya Presiden meminta agar daerah mempersiapan sejak dini upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di daerah," kata Bupati Edi.

Demikian juga untuk penetapan status siaga darurat sudah harus dimulai dari provinsi, kemudian dilanjutkan ke kabupaten/kota.

Presiden berharap daerah sudah siap untuk pembiayaan dan peralatan. Serta memastikan semua peralatan berfungsi dengan baik.

"Daerah juga diminta selalu berkoordinasi dari lintas sektoral TNI, Polri, dan satuan atau tim terpadu lainnya serta melakukan patroli," tegas dia.

Presiden Jokowi, sambung Bupati Edi, meminta adanya tindakan pencegahan sejak dini. Bahkan titik api kecil sekalipun harus segera dipadamkan. Di samping itu, Presiden meminta progres pada 2016 agar dipertahankan pada tahun ini, bahkan lebih baik lagi.

"Bagi daerah yang bisa menekan kebakaran, mulai dari babinsa, danramil, kodim, babinkamtibnas, polsek, polres, akan diperhatikan dan diberikan reward, juga penindakan tegas tetap dilakukan kepada para pelaku pembakaran," kata Bupati.

Rakornas Karhutla di Istana Negara dihadiri kepala daerah dari sembilan provinsi dan 14 kepala daerah se-Kalimantan Tengah.(JAMES DONNY/B-3)

Berita Terbaru