Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPUD Lamandau Targetkan Partisipasi Memilih Meningkat di Pilkada 2018

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 24 Januari 2017 - 21:01 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lamandau berharap adanya peningkatan partisipasi jumlah pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Lamandau tahun 2018 mendatang.

Tak hanya secara kuantitas, KPUD juga bertekad untuk memperbaiki pelaksanaan pemilu agar lebih berkualitas dibanding sebelumnya.

"Tentu sebagai panitia pelaksana kita berharap Pilkada Lamandau 2018 nanti dapat berlangsung langcar berkualitas, termasuk jumlah partisipasi pemilihnya pun meningkat," kata Komisioner KPUD Lamandau, Andreas Nahan, Selasa (24/1/2017)

Andreas Nahan menjelaskan, berdasarkan data KPUD Lamandau atas hasil pemilu-pemilu selama empat tahun terakhir, pencapai persentase tertinggi jumlah partisipasi pemilih di Lamandau, terjadi di tahun 2014 lalu, tepatnya pada Pemilihan Legislatif (Pilleg).

Kala itu persentase partisipasi pemilihnya tembus di angka 72,01 persen dari total pemilih.

"Angka ini merupakan angka tertinggi dibanding dengan pemilihan lain selama empat tahun terakhir," katanya.

Dirinya menyebutkan, untuk data partisipasi pemilih pada pemilu lainnya cenderung lebih rendah. Misalnya, Pilkada Bupati/Wakil Bupati Lamandau tahun 2013 lalu yang hanya mencapai 66,44 persen, Pilpres 2014 mencapai 65,25 persen, serta Pilgub Kalteng 2016 hanya 58,5 persen.

Untuk mewujudkan harapan meningkatnya partisipasi pemilih pada Pilkada Lamandau 2018 tersebut, KPUD bertekad untuk terus menggencarkan sosialisasi.

"Khusus untuk menarik partisipasi pemilih ini, menurut kami salah satu kuncinya adalah sosialisasi. Karenanya kami bertekad ke depan sosilaisasi ini akan gencar dilakukan dengan berbagai media dan cara, sehingga mengena ke berbagai tingkatan pemilih," tandasnya. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru