Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seluruh Kades di Seruyan Diminta Update Data Desa 2017

  • Oleh Parnen
  • 31 Januari 2017 - 08:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Seluruh kepala desa di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, tahun 2017 ini diinstruksikan Bupati Seruyan Sudarsono untuk melakukan update data untuk pembuatan profil desa. Dengan adanya updating data tersebut, baik pihak kecamatan atau desa sendiri akan lebih mudah dalam evaluasi dalam penyusunan dan perencanaan pembangunan desa kedepan.

"Tahun ini semua kades, terutama yang berada di Kecamatan Seruyan Hilir sudah kita instruksi kembali untuk melakukan pendataan seputar desa, baik itu terkait soal administrasi kependudukan, potensi desa berbagai sektor, tingkat perkembangan kemajuan desa, sarana prasarana yang dimiliki desa, dan lainnya yang berkaitan tentang desa," kata Camat Seruyan Hilir, Idham BW Kusumah, di kantornya, Selasa (31/1/2017).

Salah satu upadate data utama yang diminta, lanjut Idham, adalah berkenaan dengan administrasi kependudukan. Karena menurutnya, dengan update data terbaru mengenai jumlah penduduk, golongan usia, pengurangan maupun pertambahan penduduk di desa dapat akurat.

"Dengan kepemilikan basic data kependudukan yang akurat ditingkat desa, pemerintah daerah akan turut merasa terbantu dalam ketertiban administrasi kependudukan ditingkat dinas. Apalagi tahun 2018 nanti, Seruyan akan menggelar pilkada. Ini tentunya dibutuhkan keakuratan data penduduk pemilih mulai dari tingkat RT hingga desa," jelasnya.

Namun berkaitan dengan rencana perhelatan Pilkada Seruyan 2018, Idham menambahkan, dia mengimbau khususnya warga di kecamatannya untuk segera memproses kepemilikan kartu tanda penduduk (KTP) bagi yang belum memiliki.

"Tidak hanya KTP untuk pilkada saja atau untuk keperluan lainnya, himbauan tentang administrasi kependudukan juga berkenaan soal kepemilikan akta kelahiran, surat nikah, kartu keluarga dan lainnya," terang dia. (PARNEN/N).

Berita Terbaru