Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barut Kembali Usulkan Panglima Batur Jadi Pahlawan Nasional

  • Oleh Ramadani
  • 02 Februari 2017 - 17:25 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Setelah usulan ditolak pemerintah pusat beberapa waktu lalu akibat berkas tidak lengkap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara (Barut) kembali mengusulkan agar Panglima Batur dijadikan pahlawan nasional.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Narut Jainal Abidin kepada Borneonews di kantornya, Kamis (2/2/2017). Ia mengaku telah menggelar rapat bersama Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) bersama tim Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk berangkat ke Jakarta.

'Hal ini dilakukan untuk mengetahui secara rinci kenapa usulan Pemkab Barito Utara agar Panglima Batur diangkat menjadi pahlawan nasional belum berhasil. Pemkab Barito Utara tetap melakukan pengusulan kembali dengan melengkapi berkas yang dinilai pemerintah pusat kurang (lengkap). Tahun ini juga akan kita usulkan kembali ke pemerintah pusat," kata Jainal.

Ia melanjutkan, usulan agar pejuang Barito yang berperang melawan penjajah Belanda di era tahun 1865-1905 silam itu bisa diangkat menjadi pahlawan nasional. Hal itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada pejuang, apalagi Panglima Batur merupakan putra kelahiran Kabupaten Barito Utara.

Menurut Jainal, usulan tersebut sudah diajukan sejak tahun 2010 lalu. Saat itu, Kabupaten Barito Utara dipimpin Bupati Achmad Yuliansyah. Perjalanan panjang usulan tersebut terus bergulir, hingga saat ini Bupati Barito Utara dijabat Nadalsyah. "Kami kembali berupaya meneruskan usulan sebagai pahlawan nasional tersebut," pungkas dia. (RAMADHANI/B-8)

Berita Terbaru