Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tips Memilih dan Mengolah Ikan Asin agar Bebas Formalin

  • Oleh Testi Priscilla
  • 02 Februari 2017 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Saat ini tengah marak isu ikan asin berformalin. Namun jangan khawatir, Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palangka Raya Jendri Saipul Damanik, memberikan beberapa tips agar kita terhindar dari bahaya bahan makanan berformalin ini.

"Mengkonsumsi ikan asin yang mengandung formalin dapat merusak organ dalam tubuh, sehingga tubuh dalam jangka panjang bakal mengalami gangguan kesehatan. Seperti gangguan jantung dan peredaran darah juga terganggu akibat mengkonsumsi ikan tersebut," ungkap Jendri di ruang kerjanya, Kamis (2/2/2017).

Ia menjelaskan ikan asin berformalin memiliki salah satu ciri pasti yaitu tidak dikerumuni lalat. Sedangkan sebaliknya apabila lalat mengerumuni ikan asin yang dijual oleh pedagang, itu artinya ikan tersebut tidak mengandung bahan pengawet baik itu jenis permanen atau bahan kimia lainnya yang dapat menganggu kesehatan tubuh.

"Kalaupun kita membeli ikan asin tetapi lupa memeriksa apakah dikerubuni lalat atau tidak, atau misalnya ikan asinnya sudah dijual dalam kemasan plastik, tipsnya sih gampang saja, apabila membeli ikan asin jangan langsung dimasak," tambahnya.

Sebaiknya ikan asin direndam terlebih dahulu selama beberapa jam untuk melarutkan bahan pengawetnya dari ikan asin tersebut. "Setelah direndam dengan air bersih dan yakin tidak ada kandungan formalinnya barulah bisa dimasak serta dikonsumsi seperti biasanya," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru