Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Stimulasi Pijat Bayi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Februari 2017 - 21:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Stimulasi pijat sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi. Selain menstimulasi gerak motorik, jika dilakukan oleh sang ibu akan menumbuhkan kedekatan emosional antara ibu dan anak.

Saat ini, ada Klinik Natalie yang khusus menangani tumbuh kembang anak di Palangka Raya tepatnya di Jalan Seth Adji. Namun sebelum mengajak anak Anda ke sini, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh para orang tua soal baby massage atau pijat bayi.

Pertama, sejak usia berapakah seoang bayi dapat diberi stimulasi pijat

"Sebenarnya tidak ada batasan usia untuk stimulasi pijat tapi kta sarankan mnimal usia tiga bulan karena pada usia ini bayi sudah mulai stabil. Di bawah itu kan biasanya bayi sering menangis atau lebih sering meminta susu sehingga pijatnya juga menjadi kurang efektif," ungkap Rini, seorang terapis di Klinik Natalie, Minggu (5/2/2017).

Kapan waktu terbaik untuk melakukan stimulasi pijat ini

Rini berpendapat sebaiknya anak tidak dipijat setelah minum susu/makan tapi juga jangan saat bayi sedang lapar. Jangan juga saat bayi sedang tidur kemudian dibangunkan hanya untuk dipijat.

"Sebaiknya pijat bayi pada saat ia terlihat sedang nyaman. Jika sedang sakit sebaiknya dibawa ke dokter dulu, dipastikan apakah memerlukan perawatan khusus atau tidak. Karena di sini juga ada pijat dengan teknik penguapan untuk meredakan pilek pada bayi," tambahnya.

Apakah aman untuk melalukan stimulasi pijat

Rini menyebut belum pernah ada laporan mengenai bahaya stimulasi pijat sebagai bentuk stimulasi pada bayi dan anak.

"Stimulasi pijat aman asal dilakukan sesuai petunjuk dan meperhatkan respon bayi. Jika bayi menangis, berarti ada yang sakit dan jangan lanjutkanpijatan," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru