Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tahun Ini, Musrenbang Kecamatan Kahayan Hilir Lebih Banyak Usulan

  • Oleh James Donny
  • 06 Februari 2017 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Kahayan Hilir tahun ini terasa lebih dinamis. Pasalnya, musrenbang kali ini lebih banyak usulan, dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu disampaikan Camat Kahayan Hilir Supardi, saat ditemui Borneonews usai menghadiri Musrenbang Kecamatan Kahayan Hilir, Senin (6/2/2017). "Tahun ini usulan lebih banyak dari tahun sebelumnya, dan harapan kita apa yang menjadi usulan prioritas kelurahan dan desa ini bisa diakomodir walaupun tidak semua," ujar Camat.

Dalam usulan tersebut kata Supardi didominasi pada pengusulan pembangunan infrastruktur. "Memang infrastruktur yang ada di wilayah kita banyak yang sudah cukup baik, tetapi yang namanya perkembangan itu selalu dinamis, seperti jalan lingkungan masyarakat maunya ada peningkatan, demikian juga dari sisi ekonomi dan sebagainya ada usulan-usulan yang disampaikan untuk dapat dilaksanakan," ujar mantan Camat Kahayan Kuala ini.

Ia menjelaskan terkait dengan usulan dalam musrenbang tersebut, ada yang didanai dana desa. Kemudian yang didanai APBD Kabupaten dan APBD Provinsi telah masuk dalam Musrenbangdes. "Dulu usulan di musrenbang tingkat kecamatan usulan yang disampaikan, paling banyak 300 hingga 400 usulan, dan ini ada lebih dari itu," katanya.

Banyaknya usulan tersebut, kata Camat, karena ada kucuran dana desa dari pemerintah pusat yang jumlahnya cukup besar. "Tahun ini, memang lebih rinci supaya tidak tumpang tindih, misalkan pembangunan yang bisa dilaksanakan dengan dana desa cukup dengan dana desa, sedangkan yang tidak bisa karena plafon anggaran yang tinggi itu dapat dimasukkan ke APBD Kabupaten melalui OPD teknis," pungkas dia. (JAMES DONNY/B-8)

Berita Terbaru