Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotawaringin Timur Jadikan Sektor Pertanian sebagai Produk Unggulan

  • Oleh Rian Nafarin Luffi
  • 08 Februari 2017 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) terus berupaya meningkatkan produktivitas di sektor pertanian sebagai produk unggulan daerah.

"Produk unggulan Kotim saat ini sawit, perkebunan kita cukup luas dan kita meskipun itu merupakan investasi tapi dapat menjadi produk keuangan daerah. Karena hasilnya cukup besar. Yang kedua, karet, dan ketiga saat ini kita sudah mendekati swasembada beras," ujar Asissten II Setda Kotim Halikinnor, Rabu (8/2/2017).

Di bidang ketahanan pangan, Halikin mengatakan, Kotim sudah memiliki produk khusus yang sudah memiliki hak paten, yaitu beras Siam Epang.

Selain itu, ada juga hasil rotan, berupa kerajinan mebel, keranjang, itu juga menjadi produk unggulan. Setelahnya nanas, lahan penanamannya cukup luas dan panennya cukup besar. Lalu di Selatan juga ada kelapa.

"Ke depan akan dibangun pabrik kelapa dalam untuk dijadikan produk tepung. Bahkan kapasitas pabrik itu membutuhkan 150 ribu biji per hari. Ini rencananya akan diimpor ke luar negeri," kata dia. (RIAN NAFARIN LUFFI/B-5)

Berita Terbaru