Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Didorong Fasilitasi Pelatihan Keterampilan untuk Warga

  • Oleh M. Rifqi
  • 10 Februari 2017 - 12:44 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kesadaran warga terhadap pentingnya memiliki keterampilan dan keahlian individu saat ini mulai meningkat. Sebab, hal ini berkaitan erat dengan peningkatan perekonomian.

Berkaitan dengan itu, warga di Kecamatan Cempaga Hulu berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotim agar memfasilitasi pendidikan luar sekolah dalam bentuk kursus atau pelatihan keterampilan.

"Saat kami reses beberapa waktu lalu, warga di kecamatan hulu menyampaikan keinginan agar diberikan pelatihan keterampilan atau kursus," kata Ketua Komisi III DPRD Kotim Rimbun, Jumat (10/2/2017).

Menurutnya, hal tersebut patut didukung dan menjadi perhatian instansi terkait. Sebab, pelatihan keterampilan bertujuan guna menekan angka kemiskinan dan pengangguran di daerah.

"Masyarakat terutama anak-anak putus sekolah perlu diberikan skill dan keterampilan. Sehingga bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Kotim," ujar dia.

Lebih lanjut Rimbun menyarankan agar target menekan angka pengangguran melalui pelatihan tidak hanya berhenti sampai di sana. Pascapelatihan, masyarakat juga diberikan bimbingan dan bantuan peralatan usaha. Seperti mesin jahit, peralatan bengkel, dan sebagainya.

"Kebanyakan mereka yang pengangguran dan tidak memiliki skill karena putus sekolah dan dari keluarga tidak mampu. Agar bisa langsung membuka usaha, perlu dibantu peralatan kerjanya. Apabila anggarannya tidak tersedia, bisa melalui skema kredit," jelas dia. (MUHAMMAD RIFQI/B-11)

Berita Terbaru