Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Setiap Desa Perlu Miliki BUMDes, Ini Alasannya

  • 14 Februari 2017 - 21:18 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Kapuas, Faujiannor mengharapkan agar setiap desa membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 

Faujiannor, Selasa (14/2/2017) mengatakan, pemerintahan desa memiliki peranan penting untuk mengembangkan wilayahnya. Apalagi, saat ini menerima kucuran anggaran dalam bentuk Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD).

Sehinggga, legislator dari Dapil III itu menambahkan, keberadaan BUMDes bisa membantu pembangunan di desa. Contohnya dengan menyediakan bahan pembangunan, sehingga tidak perlu lagi mendatangkan dari luar.

'Seperti pembangunan jalan perlu menggunakan semenisasi dan lainnya, tentu memerlukan bahan. BUMDes bisa menyediakan ini. Jadi pengerjaan proyek pembangunan itu bahannya dibeli dari BUMDes,' kata Faujiannor.

Dikatakannya, BUMDes bergerak dari dana pemerintahan desa. Sedangkan pengelolaannya adalah masyarakat dengan sistem bagi hasil.

'Jadi modal dari desa terus pembangunan desa dikelola. Kemudian, keuntungan dari penjualan material dan lainnya itu kembali ke desa lagi,' jelas dia. (DJIMMY NAPOLEON/B-11)

Berita Terbaru